Polres Kediri Siap Menindak Plat Nomor Mobdin yang Divariasi

KEDIRI (BangsaOnline) - Terkait plat merah (Mobdin) yang divariasi, polisi menyatakan menyalahi spesifikasi teknis kendaraan. Polisi menyatakan siap menindak jika menemukan mobdin dengan plat nomor difariasi.

Kasatlantas Polres Kediri, AKP Dino Indra Setiadi, mengatakan, pemberian variasi pada plat nomor seri kendaraan, termasuk pemberian skrin yang membuat warna plat nomor kendaraan berubah warna melanggar spesifikasi teknis kendaraan. Pihak kepolisian menyatakan siap menindak jika menemukan mobdin dengan kondisi demikian.

“Modifikasi kendaraan, termasuk pemberian variasi pada plat nomor kendaraan yang membuat berubah warna sudah melanggar spesifikasi teknis. Jelas akan kita tindak jika kita menemukan melintas di jalan,” ujar Dino.

Dino menjelaskan, selama ini pihaknya selalu menindak mobdin yang melanggar spesifikasi tersebut. Kendati, pihaknya mengaku kode nomor kendaraan berseri nomor khusus itu sudah diketahui merupakan kendaraan dinas.

“Dalam operasi kendaraan bermotor, selalu kita tindak jika ditemukan kendaraan dinas yang melanggar spesifikasi teknis. Itu merupakan kewenangan kami,” ujar Kasatlantas.

Sementara, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto justru menayatakan tidak mempermasalahkan modifikasi plat nomor kendaraan dinas di jajaran pejabat DPRD. Alasanya, variasi yang dipasang dalam plat nomor kendaraan dinas itu tidak mengubah nomor seri kendaraan.

“Itu tidak masalah, tidak sampai mengubah nomor seri kendaraan kok, tetap plat merah, hanya saja dikasih fariasi,” jelasnya

Selain itu, Dodi juga membantah jika variasi yang dilakukan pada plat nomor kendaraan dinas itu untuk mengelabuhi petugas SPBU dalam pengisian BBM.

“Selama ini tetap saja semua menggunakan BBM non subsidi (Pertamax-red). Petugas SPBU tahu kok kalau mobil plat nomor belakang berseri GP pasti kendaraan dinas Kabupaten Kediri,” ujar Dodi.

Untuk diketahui, salah satu DPRD Kabupaten Kediri bernopol AG 519 GP divariasi plat nomornya hingga tampak terlihat seperti plat hitam. Plat nomor kendaraan itu dilapisi skrin mika warna hijau, sehingga jika dilihat sepintas, plat nomor mobdin itu tampak berwarna hitam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO