​Tingkatkan Kualitas SDM, Kadin Jatim Teken MoU dengan ITTelkom Surabaya

​Tingkatkan Kualitas SDM, Kadin Jatim Teken MoU dengan ITTelkom Surabaya Kadin Jawa Timur melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan ITTelkom Surabaya, Rabu (2/12/20).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Institut Teknologi (IT) Surabaya, Rabu (2/12/20). 

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor IT Surabaya Tri Arief Sardjono dan Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Kampus IT Surabaya, Jalan Ketintang, Surabaya.

Nota kesepahaman berisi tentang kerja sama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta bidang lainnya yang telah disepakati.

Adik Dwi Putranto mengatakan, sejauh ini Kadin Jatim terus melakukan berbagai upaya taktis demi terwujudnya Sumber Daya Manusia Jatim yang unggul dan maju, seperti yang menjadi cita-cita Presiden Indonesia Joko Widodo. Di antaranya dengan memperluas jaringan kerja sama dengan sejumlah lembaga Perguruan Tinggi di wilayah Jatim.

"Salah satu yang menjadi program prioritas Kadin Jatim di 2021 adalah bagaimana meningkatkan SDM. Karena selama ini, dunia industri merasa ada banyak lulusan SMK ataupun PT yang belum siap bekerja. Sehingga ketika mereka masuk dunia kerja, maka industri masih memerlukan percobaan sekitar tiga bulan. Dan di masa itu, pengusaha tetap harus mengeluarkan cost," ujarnya.

Untuk itu, Kadin berupaya agar dunia industri juga turut menjadi pelatih tempat kerja. Sehingga ketika siswa melakukan pemagang di salah satu industri, maka industri telah memiliki kurikulumnya dan mampu mengarahkan serta mendididk mereka sesuai dengan keahlian mereka yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

"Kami juga telah bekerja sama IHK Trier Jerman, salah satunya dalam hal melatih pelatih tempat kerja. Harapan saya dari teman nanti ada juga yang bisa menjadi pelatih tempat kerja," tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO