Kondisi Memprihatinkan, Monumen Tugu Lontar di Kebomas Kembali Tuai Kritik Pedas

Kondisi Memprihatinkan, Monumen Tugu Lontar di Kebomas Kembali Tuai Kritik Pedas Monumen Tugu Lontar. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Keberadaan Tugu Lontar yang dibangun PT Smelting bekerja sama dengan Pemkab Gresik di Perempatan Kebomas, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik kembali menuai kritik pedas dari masyarakat.

Kali ini, kritikan masyarakat ditujukan terhadap kondisi tugu yang dibangun dengan dana CSR (Corporate Social Responsibility) PT Smelting, lantaran kondisinya memprihatinkan tak terurus.

Pasalnya, penampungan air mancur sudah beberapa bulan ini bocor, sehingga air meluber ke jalan raya. Kondisi ini tentu sangat mengganggu pengguna jalan di sekitar tugu. Tak jarang, pengguna jalan kecipratan air dari gencetan roda pengguna jalan lain. Jalan di sekitar tugu pun mulai rusak.

Selain itu, kondisi tugu senilai miliaran rupiah tersebut berlumut karena tak pernah dibersihkan. Ironisnya, kerap terlihat pengguna jalan yang sandal atau sepatunya kotor dicuci di bawah guyuran air mancur.

"Wah pokoknya parah Mas. Selain Tugu Lontar bocor, kondisinya kumuh dan jorok. Sering itu pejalan kaki bersihkan kaki, sandal, atau sepatu di guyuran air mancur," ungkap Hadi, salah satu pengguna jalan kepada BANGSAONLINE.com, Senin (30/11/2020).

Sejumlah warga sekitar mengaku telah berkali-kali memberitahukan kepada instansi terkait soal bocornya Tugu Lontar. Namun, tak kunjung ada perbaikan. "Sudah pernah saya laporkan, tapi nggak ada tindak lanjut," ujar Arif, warga sekitar.

Agus, warga lain justru meminta agar Monumen Tugu Lontar dibongkar dan diganti dengan bangunan monumen lain seperti Tugu Wali, Tugu Pudak, atau tugu lain yang mencirikan daerah Kebomas. "Bongkar saja ganti Tugu Wali atau Tugu Pudak simbol khas kota kita Gresik," pintanya.

"Tugu Lontar pindah di Kecamatan Panceng biar jalan gak licin. Masak mulai diresmikan airnya bocor di jalan dibiarkan saja tidak ada usaha nembel (memperbaiki) yang bocor sama sekali. Apa nunggu korban yang jatuh di jalan?," sambungnya.

Hingga kini, nilai anggaran untuk pembangunan Monumen Tugu Lontar masih terkesan misterius. Kontraktor yang mengerjakan proyek mercusuar miliaran rupiah dari CSR Smelting itu juga dirahasiakan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO