​Pemuda Pesisir Madura Usulkan Pengganti Edhy Prabowo dari Kalangan Profesional

​Pemuda Pesisir Madura Usulkan Pengganti Edhy Prabowo dari Kalangan Profesional Habisono, Ketua Pemuda Pesisir Madura (PPM) Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (25/11/20) lalu, terus menjadi perhatian publik. Setelah dinyatakan sebagai tersangka, Menteri asal Partai Garindra tersebut juga menyatakan mundur sebagai Menteri KKP sekaligus Waketum Partai Gerindra. 

Untuk mengisi kekosongan, Presiden Jokowi akhirnya meminta Luhut Binsar Panjaitan menggantikan Edhy Prabowo dan menjadi ad interim Menteri Kelautan dan Perikanan.

Hal tersebut mendapat perhatian dari Pemuda Pesisir (PPM) Jawa Timur. Habisono, selaku Ketua PPM berharap pengganti Edhy Prabowo berasal dari kalangan profesional. Habi menilai kalangan profesional jauh dari kepentingan politik, sehingga bisa fokus bekerja. 

Ia mencontohkan Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti yang berasal dari profesional. Susi dianggap sukses dalam memimpin KKP dan menerjemahkan kebijakan Presiden Jokowi.

"Secara politik, memang Menteri KKP adalah jatah Partai Gerindra. Tapi jalau kami sebagai pemuda pesisir berharap penggantinya dari profesional," tukas pria yang akrab disapa Habi, Minggu (29/11/2020).

Urusan Kelautan dan Perikanan ini kata Habi, berkaitan dengan hajat orang banyak, berkaitan dengan nasib nelayan se-Indonesia. "Jadi, menterinya harus yang paham dengan kondisi nelayan dan dekat dengan nelayan," tandasnya.

Sebagai masyarakat , yang rata-rata nelayan dan petambak garam, menteri yang baru diharapkan memiliki kepekaan dalam memberikan perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Ketika disinggung soal nama yang diusulkan, mantan aktivis HMI Sampang ini menjawab dengan diplomatis, bila soal nama merupakan hak prerogatif presiden. "Kalau siapa-siapanya itu hak presiden, kita hanya berharap sesuai kreteria yang kami usulkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, sejumlah nama calon pengganti Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP dari internal Partai Gerindra mulai bermunculan. Ada nama Ahmad Muzani (Wakil Ketua MPR RI/Sekjen Gerindra), Sufmi Dasco Ahmad (Wakil Ketua DPR RI/Ketua Harian Gerindra), Habiburohman (DPR RI/Waketum), Fadli Zon (DPR RI/Waketum), Sugiono (DPR RI/Waketum), dan Sandiaga Uno (Dewan Pembina Gerindra). Namun dari sejumlah nama, kandidat Menteri KKP mengerucut ke Sandiaga Uno dan Sugiono. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Minta Pesawat yang Bisa Mendarat di Matahari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO