​Blusukan ke Lereng Kelud, Dhito Dicurhati Adanya Dusun yang Belum Teraliri Listrik dan Air

​Blusukan ke Lereng Kelud, Dhito Dicurhati Adanya Dusun yang Belum Teraliri Listrik dan Air Dhito membeli buah nanas di kampung nanas. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketika blusukan ke Desa Babatan, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Cabup Hanindhito Himawan Pramana dicurhati warga bahwa ada dusun di Desa Babatan yang sampai saat ini belum ada listrik.

Adalah Akad, salah satu warga Babatan yang ketika berdialog menyampaikan kepada Dhito bahwa ada dusun, namanya Dusun Onggoboyo di Desa Babadan, Kecamatan Ngancar, sampai saat ini belum ada listrik dan tidak ada sumber mata air. Sehingga warga sangat bergantung pada kiriman air pemerintah.

"Mas Dhito, perlu saya sampaikan bahwa ada salah satu dusun, sampai saat ini masih terisolir dan belum ada listrik. Mohon, bila Mas Dhito nanti jadi Bupati Kediri, Dusun Onggoboyo mohon diperhatikan," kata Akad, Minggu (29/11).

Selain belum ada listrik, Dusun Onggoboyo tersebut juga jauh dari sumber air. Sehingga, warga sangat bergantung pada kiriman air pemerintah atau harus berjalan 7 km untuk mencapai sumber terdekat, bila musim kemarau.

Menanggapi curhatan warga tersebut, Dhito mengaku sangat penasaran dengan masih adanya dusun di Kabupaten Kediri yang belum teraliri listrik. Ia berjanji akan memprioritaskan penanganan Dusun Onggoboyo bila nanti ditakdirkan menjadi Bupati Kediri.

"Coba nanti saya akan diskusi dengan pihak terkait, seperti PLN dan PDAM untuk memberikan menyalurkan listrik maupun air bersih ke Dusun Onggoboyo," kata Dhito.

Selain masalah Dusun Onggoboyo yang belum ada listrik, Dhito juga dicurhati masalah pemasaran susu hasil ternak sapi perah yang dipelihara warga.

Usai dari Desa Babatan, Dhito melanjutkan blusukannya ke sentra kampung nanas di Desa Sugihwaras. Dari kampung nanas, Dhito melanjutkan ke peternak madu hutan di Desa Sempu. Dari sini, Dhito meneruskan blusukannya ke UMKM Hidroponik, Desa Manggis, Kecamatan Ngancar. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO