Jorok, ​Toilet Kering Tanpa Shower di Hotel dan Bandara, Penyebab Timbulnya Penyakit

Jorok, ​Toilet Kering Tanpa Shower di Hotel dan Bandara, Penyebab Timbulnya Penyakit Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. (kanan) dalam Talkshow BANGSAONLINE TV yang dipandu M. Mas'ud Adnan (kiri). foto: bangsaonline.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. menilai bahwa Covid-19 turun menyerang manusia karena dunia ini kotor. Ia menyebut salah satu contoh toilet hotel berbintang 5 dan airport.

“Toiletnya tidak ada pembuangan airnya. Tak ada showernya, tak ada airnya. Pakai tisu. Dan tisunya dibuang di situ. Itu kan kotor sekali. Coba itu ditelaah,” kata Kiai Asep Saifuddin Chalim dalam Talkshow bertajuk: Menu Imunitas: Kecambah (Toge) dan 4 Protokol Kesehatan Santri di channel YouTube BANGSAONLINE TV.

Menurut Kiai Asep, pernyataan ini pernah ia sampaikan di depan Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa, saat gubernur wanita pertama di Jatim itu datang ke acara di Guest House Institut Pesantren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto.

Bagaimana respons Gubernur ? “Kata Bu , ndak Yai, di Singapura dan Malaysia sekarang sudah pakai shower,” jelas Kiai Asep yang pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto.

Dalam talkshow yang dipandu M Mas’ud Adnan itu, Kiai Asep juga menjelaskan soal resep imunitas. “Gampang. Kecambah (toge), telur, tahu, dan tempe,” kata Kiai Asep menuturkan resep imunitas yang diterapkan pada puluhan ribu santrinya di Pondok Pesantren Amanatul Ummah.

Selain itu, kata Kiai Asep, juga diberi vitamin C. Menurut dia, ribuan santri yang diasuhnya sehat semua. “Bahkan lebih sehat dari sebelum ada Covid-19,” katanya sembari tertawa.

“Kalau sebelum Covid-19, masih ada santri yang batuk-batuk, sekarang gak ada. Karena batuk sedikit saja langsung ditangani,” tambah Kiai Asep sembari becerita bahwa ada 20 dokter yang selalu standby untuk menjaga para santrinya.

Tapi kenapa para santri yang berjumlah sekitar 10 ribuan itu tak boleh dijenguk orang tuanya? Bagaimana praktik protokol kesehatan para santri dan ustadznya? Silakan tonton talkshow di BANGSAONLINE TV channel youtube. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO