​Inilah Syarat Menjadi Habib, Prof Dr Quraish Shihab: Tidak Usah Panggil Saya Habib

​Inilah Syarat Menjadi Habib, Prof Dr Quraish Shihab: Tidak Usah Panggil Saya Habib Prof. Dr. Quraish Shihab. foto: youtube

SURABAYA, BANGASONLINE.com - Prof. Dr. Quraish Shihab menjelaskan bahwa dari segi bahasa, Habib itu memiliki dua makna. “Yang mencintai dan dicintai,” tegas Prof. Dr. Quraish Shihab, ahli tafsir Al-Quran yang juga dikenal sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW.

“Jadi tidak cukup hanya dicintai, tapi dia juga harus mencintai,” tambah Quraish Shihab dalam video berjudul Tiga Syarat Menjadi Habib yang diterbitkan Galeri Maha yang kini viral.

Menurut dia, dulu gelar Habib itu diberikan oleh masyarakat yang kagum kepada orang-orang tertentu yang memiliki tiga sifat utama. Apa saja?

Pertama, keturunan Nabi Muhammad SAW. Kedua, berilmu yang luas. Ketiga, berakhlak yang luhur. “Satu hal yang kita temukan dalam al-Quran, bahwa turunan Nabi itu kalau durhaka, tidak wajar dinamai turunan Nabi,” kata Quraish Shihab.

Selain itu, menurut Quraish Shihab, masih ada lagi syarat menjadi Habib. Yaitu mengamalkan ilmu yang dimiliki dan mengabdi di masyarakat secara tulus. Jadi Habib, , kiai, itu harus memberikan solusi terhadap problem-problem yang dihadapi masyarakat.

"Mereka menjawab pertanyaan lalu memberi solusi.Karena itu menurut al-Quran pewaris Nabi," katanya.    

Tapi kenapa Quraish Shihab tak mau dipanggil Habib. Bukankah panggilan Habib itu sangat istimewa dan mulia? 

Ia menjelaskan, jangankan bergelar Habib, bergelar kiai saja dirinya tak mau.  "Kiai pun saya gak mau bergelar kiai. Kiai itu orang yang dalam ilmunya, akhlaknya baik. Saya ilmunya belum dalam. Akhlak saya belum sesuai dengan apa yang diajarkan agama. Jadi tidak usah panggil saya Habib," kata Quraish Shihab dalam kanal youutube el-Fauzan. 

Ia mengaku harus berjuang lebih dulu. "Biarkan saya berjuang dulu. Semoga setelah saya meninggal orang bilang, oh, itu Habib. Tapi sekarang tidak," katanya. (tim) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO