​Bentuk Kompetensi Kepemimpinan Pejabat Eselon III, Pemkot Kediri Gelar PKA Angkatan VI

​Bentuk Kompetensi Kepemimpinan Pejabat Eselon III, Pemkot Kediri Gelar PKA Angkatan VI Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kediri mengadakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kota Kediri Angkatan VI Tahun 2020, Jumat (20/11/20).

Hal itu untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon III yang berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansi masing-masing.

Kegiatan PKA tersebut diikuti sebanyak 30 peserta dari berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Di mana masing-masing peserta membuat suatu proyek perubahan yang diharapkan dapat diimplementasikan agar bisa meningkatkan kinerja OPD sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat di Kota Kediri.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kota Kediri Angkatan VI Tahun 2020 telah dilaksanakan selama delapan bulan, terhitung mulai 3 Maret hingga 20 November 2020. Dan pada hari ini (Jumat, 20/11) ditutup secara resmi oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Command Center yang dilaksanakan secara virtual.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai menyampaikan, PKA ini merupakan yang terakhir dari seluruh pemerintah kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur. Ia berharap di situasi pandemi Covid-19 saat ini, para ASN di Jawa Timur dapat terus beradaptasi dan bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“ASN ini di tengah pandemi Covid-19, mereka berjuang selain untuk meningkatkan kompetensi sebagai ASN, mereka juga harus melaksanakan pekerjaan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini suatu tantangan yang luar biasa, namun kami melihat seluruh ASN yang ada di Jawa Timur ini sangat kolaboratif, sangat sinergi, sangat adaptif sekali dalam rangka bagaimana tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Aries Agung.

Menurut Aries, Kota Kediri sangat luar biasa ASN-nya, potensi mereka saat melaksanakan kegiatan PKA ini sampai dengan selesai sangat sungguh luar biasa. Di tengah pandemi ini, dibutuhkan langkah yang ekstra normal, artinya kecepatan, ketangkasan, inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat penting untuk lakukan saat ini.

"Proyek perubahan yang sudah dilaksanakan tidak hanya di atas kertas, tapi harus diimplementasikan,” tutur Aries.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, memberikan selamat kepada para peserta yang sudah melakukan pelatihan dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan PKA.

Wali Kota Kediri menilai, kegiatan tersebut sangat penting guna peningkatan kapasitas dan merupakan hal yang sangat baik bagi Pemerintah Kota Kediri. Mengingat, saat ini ada tuntutan zaman yang tidak bisa ditunda terkait percepatan dalam segala hal terlebih dalam hal pelayanan.

“Saya melihat tidak hanya di pemerintah saja, namun juga di bidang jasa swasta. Mereka sangat cepat sekali berubah. Oleh karena itu, saya mendukung acara ini karena kita dituntut untuk adaptif. Saya sudah kurang lebih sebelas tahun di pemerintahan ini, saya melihat sebenarnya kita tinggal merubah sedikit," kata wali kota.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO