​Karya Santri Jatim, NUBIKE Motor Listrik: Hemat dan Ramah Lingkungan

​Karya Santri Jatim, NUBIKE Motor Listrik: Hemat dan Ramah Lingkungan NUBIKE Motor Listrik rakitan karya santri ini bisa dilihat di Stan Pesantren Al Yasini di Grand City Convention Hall Surabaya. (foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - NUBIKE merupakan salah satu produk layanan dari NUJEK (Nusantara Ojek) yang bergerak di bidang jasa persewaan motor listrik. Bekerja sama dengan pesantren untuk memberdayakan para santri dalam perakitan kendaraan listrik yang akan di-support oleh WIMA (Wika Manufacture) selaku principal motor listrik Gesits.

NUBIKE menyediakan layanan transportasi yang menarik dan nyaman kepada pelanggan melalui moda transportasi berbasis sharing yang dapat menghemat biaya operasional. Selain itu juga meningkatkan pendapatan bagi pengusaha dan UKM Indonesia. Sekaligus mendorong penggunaan energi terbarukan, mengurangi emisi CO2, dan kerja sama membangun lingkungan yang hijau untuk bumi.

"Masalah transportasi saat ini adalah terjadinya kemacetan dan meningkatnya polusi udara dari emisi gas buang kendaraan bermotor yang dapat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. Nah, NUBIKE ini adalah solusinya," tutur CEO NUJEK, M. Ghozali pada saat acara Inapro Expo 2020 Bangga Buatan Indonesia di Grand City Mall Surabaya, Kamis (19/11/2020).

Peraih penghargaan Tokoh Muda Inspiratif 2020 ini menambahkan, NUBIKE menjadi solusi untuk harga bahan bakar minyak cenderung meningkat akibat dari menipisnya cadangan minyak. Otomatis menyebabkan biaya operasional transportasi meningkat dan menjadi tidak efisien. Karena itu kendaraan listrik jadi alternatif karena menggunakan energi terbarukan dengan biaya yang lebih murah.

Ghozali mengatakan, saat ini harga kendaraan berbasis tenaga listrik masih belum terjangkau oleh masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan transportasi pribadi atau untuk usaha.

Selain itu, SKPLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) belum banyak tersedia di Indonesia yang menyebabkan masyarakat enggan untuk menggunakan kendaraan listrik.

"Permasalahan di atas merupakan peluang bagi NUBIKE untuk mengambil peran sebagai penyedia kendaraan listrik berbasis sharing," terangnya.

Ia menerangkan, NUBIKE menargetkan 1.000 unit kendaraan listrik di Jawa Timur pada tahun 2021, harga sewa mulai dari Rp 10.000 per jam sampai dengan Rp 900.000 per bulan dengan fasilitas order delivery unit dan battery melalui aplikasi NUJEK.

"Keuntungan lain bagi pengguna NUBIKE adalah mendapatkan hak opsi untuk memiliki kendaraan listrik jika menyewa selama 1.095 hari dalam 3 (tiga) tahun, termasuk asuransi kecelakaan," tukasnya. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO