​1.884 Guru Madrasah di Tuban Diasesmen

​1.884 Guru Madrasah di Tuban Diasesmen Kegiatan asesmen guru madrasah di Kabupaten Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.884 guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mendapatkan asesmen kompetensi, Kamis (19/11).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, kegiatan asesmen itu dilaksanakan selama tiga hari. Dimulai dari tanggal 19 hingga 21 November 2020 yang tersebar di 5 lokasi.

Kelima lokasi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) tersebut yakni, MAN 1 Tuban, MTsN 1 Tuban. MAN 2 Tuban, MTsN 2 Tuban, dan MTs lslamiyah Banat Senori. Asesmen ini untuk mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi sesuai standar yang telah ditetapkan.

"Asesmen penting untuk memetakan sebaran dan kompetensi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)," bebernya.

Sementara itu, Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tuban, Hadi Sarjono menambahkan, giat asesmen kompetensi diikuti semua guru, kepala, dan pengawas madrasah pada semua jenjang. Mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang memenuhi persyaratan.

Persyaratan tersebut di antaranya guru madrasah yang masih aktif mengajar dan memiliki NPK atau Nomor Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama.

"Mereka harus ikut asesmen ini karena diharapkan menjadi penentu kualitas penyelenggaraan pembelajaran di madrasah. Sebab, hasil asesmen ini akan menjadi dasar kebijakan kemenag," urai Sahid.

Sementara itu, peserta kompetensi wajib mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan COVID-19. Dengan memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menggunakan sarung tangan. Peserta yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius tidak diperkenankan masuk ruangan. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO