Senin, 17 Mei 2021 05:18

Viral, Pria di Kediri Tukar Mobil Toyota Avanza dengan Tanaman Hias

Selasa, 17 November 2020 14:58 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Viral, Pria di Kediri Tukar Mobil Toyota Avanza dengan Tanaman Hias
Iqbal Akbar Mohammad bersama kakaknya, Ilham Akbar Soleh (kaus putih) saat menunjukkan salah satu jenis tanaman philodendron florida beauty di kebunnya, Akbar Garden. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Video pendek berdurasi 15 detik yang memperlihatkan transaksi tukar-menukar tanaman hias dengan satu unit mobil Avanza di Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri membuat heboh jagat maya.

Video tersebut mulanya diunggah oleh netizen di salah satu akun Instagram pada Rabu, 11 November 2020 dan dibagikan hingga akhirnya viral.

Iqbal Akbar Mohammad, pria dalam video viral tersebut saat ditemui di kebun bunganya, Akbar Garden, di Desa Doko, Kecamatan Ngasem membenarkan bahwa mobil Avanza tahun 2010 miliknya ditukarkan dengan empat jenis tanaman hias.

“Itu bukan setting-an, bukan hoaks, itu fakta. Saya benar-benar menukarkan mobil Avanza tahun 2010 milik saya dengan empat tanaman hias,” jelas Iqbal kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (17/11/2020).

BACA JUGA : 

Warga Keluhkan Tarikan Parkir di Kawasan SLG Kediri

Puluhan Hektare Padi Terserang Penyakit Potong Leher, Petani Kediri Terancam Rugi Besar

Akibat Larangan Mudik, Terminal Pare Kediri Sepi Aktivitas

Kasus Ledakan Mercon yang Menewaskan Satu Orang di Kediri, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Iqbal menyebut, tanaman hias yang ditukar dengan mobil Avanza miliknya ada empat, yaitu philodendron florida beauty, strawberry shake variegata, caramel marble variegata, dan caladium.

Menurut Iqbal, tanaman hias yang ditukar termasuk jenis yang langka dan berkelas internasional. Tentu saja harganya sangat mahal dan sepadan dengan satu unit mobil.

Disinggung mengenai video viral, Iqbal mengatakan bahwa yang merekam video adalah kakaknya, Ilham Akbar Soleh, sekadar untuk dokumentasi pribadi. Tetapi untuk yang mengunggah, Iqbal mengaku tidak tahu-menahu. Bahkan ketika sudah viral pun dia baru mengetahuinya setelah mendapatkan pesan WhatsApp dari temannya.

Menurut Iqbal, hal itu sudah sangat biasa dan lazim dilakukan oleh penghobi tanaman hias. Mobil Avanza yang disebut dalam video tersebut memang sudah dipersiapkan untuk dibarter dengan tanaman hias yang menurutnya langka itu.

Tak hanya sekali, ia mengaku telah melakukan barter beberapa kali, hal itu karena Iqbal memang hobi mengoleksi tanaman hias. Ia sudah lama menjadi kolektor tanaman hias. Bahkan saat ini ia juga membantu usaha tanaman hias milik kakaknya sebagai pelaku pemasaran.

Ia juga mengatakan, sebenarnya tanaman hias di video viral itu bisa dibelinya dengan uang. Tetapi, pihak yang bersangkutan menginginkan penukaran dengan mobil Avanza miliknya. Pihak yang melakukan barter dengannya adalah teman yang memiliki hobi yang sama.

“Soal harga tanaman hias memang berdasarkan kesepakatan antara pembeli dan penjual. Bila harga dirasa cocok, maka terjadilah jual beli tanaman hias, termasuk ditukar dengan mobil, seperti yang saya lakukan ini," imbuh Iqbal.

Ditanya soal pengaruh pandemi dengan bisnis tanaman hiasnya, Iqbal mengatakan bahwa pengaruh pandemi dengan usaha tanaman hiasnya hampir tidak ada.

"Di masa pandemi ini, permintaan tanaman hias justru meningkat. Bahkan, kami sempat tidak mampu melayani permintaan yang terus datang," pungkas Iqbal.

Sementara itu, Ilham Akbar Soleh menambahkan, di kebunnya juga ada tanaman hias yang ngetren disebut sebagai janda bolong. Ada janda bolong yang impor dari Jepang maupun lokal.

"Untuk harga, kalau janda bolong asli Jepang, per daunnya bisa laku Rp 30 juta. Sedangkan yang lokal, hanya Rp 5 juta per daun," ujar Ilham. (uji/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...