Pilkada 2020, KPU Lamongan Cetak 1.066.205 Lembar Surat Suara

Pilkada 2020, KPU Lamongan Cetak 1.066.205 Lembar Surat Suara Ketua KPU Kabupaten Lamongan, Mahrus Ali. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan terus mempersiapkan logistik pemilihan suara. Rencananya, lembaga penyelenggara pemilu itu mencetak 1.066.205 lembar surat suara.

"Jadi jumlah surat suara nantinya berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen untuk cadangan," tutur Ketua KPU Kabupaten Lamongan, Mahrus Ali, Selasa (17/11/2020).

Dikatakannya, mekanisme pencetakan surat suara masih dikoordinasikan dengan pihak percetakan Temprina Gresik. Mahrus memastikan, template dan master surat suara sudah siap untuk dicetak.

"Kalau untuk surat suara itu cetaknya bisa cepat. Dua sampai tiga hari sudah selesai," ujar Mahrus.

Ia menuturkan, pelipatan surat suara nantinya dilaksanakan di lokasi pencetakan. Alasannya, petugas pelipatan harus menggunakan alat pelindung diri (APD) yang distribusinya terkonsolidasi secara nasional.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pihak bawaslu juga. Bagaimana nanti waktu siap dari Temprina, kita mengawal bersama sampai proses lipatnya di sana," ujar Mahrus.

Ia memastikan pengadaan APD yang menggunakan APBN mulai diproses. Untuk logistik TPS reguler nantinya menggunakan APBD, sedangkan TPS tambahan menggunakan APBN.

"Untuk kotak suara tidak ada masalah. Yang kita intensifkan surat suara," katanya.

Selanjutnya, terang Mahrus, bilik suara menggunakan yang lama berbahan aluminium. Sedangkan bahan kotak suara juga masih sama seperti pemilu serentak tahun lalu.

"Logistik semua sudah jalan. Logistik APD itu terkonsolidasi semuanya dengan KPU RI. Logistik TPS itu sebagian besar juga terkonsolidasi secara nasional dan tintanya sudah datang kemarin," pungkasnya. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO