​Organisasi Relawan di Tuban Dapat Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan dari SRPB Jatim

​Organisasi Relawan di Tuban Dapat Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan dari SRPB Jatim SRPB Jatim bersama relawan organisasi penanggulangan bencana Tuban saat acara pelatihan jurnalistik dan kehumasan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan organisasi relawan penanggulangan bencana di Kabupaten Tuban mendapatkan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan dari Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur di Gedung Pemkab Lantai 3 Tuban, Minggu (15/11).

Salah satu panitia, Bambang Suwarsono menyatakan, pelatihan ini diikuti sebanyak 54 peserta dengan setiap organisasi diwakili 1 orang. Selama pelatihan, mereka dibekali cara menulis sebuah peristiwa bencana dan menjadi humas yang profesional. Tak hanya itu, peserta juga dilatih menyuguhkan informasi yang benar, terutama dalam bidang kebencanaan.

"Ada dua narasumber yang berasal dari Humas SRPB Jatim dan kebetulan beliau berdua juga wartawan senior di Jatim," ungkap Bambang.

Pria energik ini menambahkan, bahwa pelatihan itu sebagai usaha pemerataan perwakilan dari humas setiap organisasi. Mengingat masa pandemi, sehingga acara masih dibatasi dengan menerapkan prokes covid-19 yang ketat. Diharapkan, setelah mengikuti giat ini, setiap organisasi memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi ke masyarakat. Terlebih, terkait kegiatan baik berupa laporan up to date, berita maupun artikel yang lain.

"Tiap organisasi jika memiliki medsos (WA, web, IG) maka kontennya bisa dipertanggungjawabkan secara jurnalistik. Diharapkan peserta paham bahwa SEO 'Mbah Google' yang cetar membahana bisa dimanfaatkan secara maksimal," bebernya.

Menurutnya, jika organisasi relawan bencana bisa melaksanakan tupoksi ini, maka masyarakat akan memiliki informasi yang bisa menenteramkan. "Semoga keberadaan relawan ini dapat memberikan manfaat bagi relawan dan masyarakat," harap Bambang.

Sementara itu, Koordinator SRPB Jawa Timur, Dian Harmuningsih menerangkan, pelatihan ini merupakan sebuah ikhtiar dari SRPB Jatim untuk meningkatkan daya literasi relawan dan masyarakat. Selain itu, SRPB Jatim siap mendukung acara ini dengan sebaik-baiknya.

"Kegiatan kali ini forum giat offline pertama potensi relawan Tuban. Sehingga peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua potensi relawan Tuban serta masyarakat pada umumnya," harap Kak Dian, begitu dia biasa disapa. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Bocah di Tuban ini Punya Nama 19 Suku Kata, Orang Tua Kesulitan Urus Akta Lahir':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO