​Lima Putra Madura Dinobatkan sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2020

​Lima Putra Madura Dinobatkan sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2020 Penyerahan penghargaan oleh Forkom Jurnalis Nahdliyin Jatim kepada Markus Firdaus, Kepala Kantor Kemenag Gresik, beberapa waktu lalu. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lima dari 22 tokoh muda yang dinobatkan sebagai Tokoh Muda Inspiratif 2020 oleh Forum Komunikasi (Forkom) atau FJN Jatim merupakan Putra Madura.

Kelima tokoh tersebut adalah Baddrut Tamam Bupati Pamekasan, Abdul Halim Anggota DPRD Jatim, Slamet Ariyadi Anggota DPR RI (asal Sampang), Markus Firdaus, Kepala Kantor Kementerian Agama Gresik (asal Sumenep), dan Subairi Komisioner KPU Surabaya (asal Sampang).

Rusman Hadi, salah satu anggota presidium FJN membenarkan soal lima nama tersebut mendapat pengharagaan. "Iya, lima nama tersebut masuk dalam kreteria yang layak mendapat penghargaan dari FJN," kata jurnalis yang akrab disapa Rusman saat dikonfirmasi nama-nama tokoh asal Madura yang masuk dalam 22 Tokoh Muda Inspiratif, Jumat (13/11/2020).

Rusman menjelaskan, pihaknya memberi penghargaan kepada 22 tokoh muda Jawa Timur berlatar NU. Para penerima penghargaan itu berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mereka dinilai bisa menginspirasi anak muda nahdliyin lainnya untuk maju dan berkarya.

"Sebagai komunitas jurnalis berlatar NU yang ada di Jatim, kami mempersempit penilaian khusus tokoh muda berlatar NU. Mereka di bawah usia 45 tahun dan memiliki prestasi di bidang masing-masing," tandasnya.

Menurut mantan aktivis PMII Jatim ini, penghargaan tersebut melalui proses yang panjang, kurang lebih selama sebulan ini menilai sejumlah kandidat calon penerima penghargaan. Seluruh anggota merekomendasi nama kandidat. Dari 99 nama akhirnya mengerucut menjadi 22 nama.

"Soal penilaian mungkin ada sisi subyektif dari teman-teman di Forkom. Namun sebagai jurnalis, kami juga mempertimbangkan rekam jejak. Selain itu independensi pun sangat dijaga. Karena itu, tidak ada proses komunikasi antara teman-teman FJN dengan kandidat penerima penghargaan," imbuh aktivis ISNU Bangkalan ini.

Dari lima tokoh muda Madura yang mendapatkan penghargaan, hingga saat ini yang sudah diserahkan piala penghargaannya adalah Markus Firdaus, Kepala Kantor Kementerian Agama Gresik. "Iya, Pak Markus sudah kami serahkan beberapa waktu lalu," pungkas Rusman. (mdr/ian)

Berikut ini penerima penghargaan Tokoh Muda Inspiratif 2020:

1. Baddrut Tamam, Bupati Pamekasan.

2. Thoriqul Haq, Bupati Lumajang.

3. Novi Rachman Hidayat, Bupati Nganjuk.

4. Ahmad Dawami Ragil Saputro, Bupati Madiun.

5. Mochamad Nur Arifin, Ketua TMP Jatim.

6. Muhammad Fawait, Anggota DPRD Jatim.

7. Achmad Amir Aslichin, Anggota DPRD Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO