Sidak Jalan Rusak, Wali Kota Habib Hadi Pastikan Pengerjaan Rampung pada Akhir Tahun

Sidak Jalan Rusak, Wali Kota Habib Hadi Pastikan Pengerjaan Rampung pada Akhir Tahun ?Wali Kota Habib Hadi didampingi Kepala Dinas PUPR dan Perkim, Agus Hartadi saat melihat langsung proses perbaikan jalan. (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Adanya keluhan jalan rusak di sejumlah ruas jalan di Kota Probolinggo tidak serta merta diabaikan, tetapi semua butuh proses. Karenanya, dipastikan akhir tahun ini bakal dirampungkan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Ahmad Yani Kota Probolinggo, Selasa (10/11/2020) siang.

Sidak yang dilakukan wali kota itu didampingi langsung Kepala Dinas PUPR dan Perkim, Agus Hartadi.

"Saya ingin tahu secara langsung bagaimana perkembangan perbaikan jalan di sini yang sempat dikeluhkan oleh masyarakat karena dampak dari perbaikan jembatan di Jalan Lingkar Utara (JLU) waktu itu,” tegas Wali Kota Habib Hadi.

Perlu diketahui, Jalan Ahmad Yani-Jalan Basuki Rahmat menjadi satu-satunya akses truk bertonase besar melintasi Kota Probolinggo. Akibatnya, jalan rusak berat, berlubang, dan kerap terjadi kecelakaan. Bahkan ada yang menjuluki wisata jalan berlubang di kota ini.

“Kami bukannya diam, tetapi perbaikan membutuhkan proses. Begitu JLU selesai, kami kembali mengalihkan akses truk ke sana. Dan sejak beberapa minggu lalu, Insya Allah satu atau dua minggu ke depan mohon masyarakat memahami dan bersabar, sebentar lagi Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Ahmad Yani sudah selesai semua dua sisinya,” terang Habib Hadi kepada sejumlah wartawan.

Sidak yang dilakukan oleh wali kota untuk memastikan bahwa perbaikan jalan berlangsung tepat waktu. Sesuai data dari Kepala Dinas PUPR dan Perkim Agus Hartadi, dua proyek tersebut dikerjakan oleh CV Dharma Bakti Jaya dengan akhir kontrak pada 3 Desember 2020 mendatang.

Adapun untuk pemeliharaan berkala Jalan Ahmad Yani sepanjang 1.400 meter dan lebar 9 meter nilai anggarannya Rp 1.395.739.000. Sedangkan pemeliharaan untuk Jalan Basuki Rahmat sepanjang 1.500 meter lebar 9 meter senilai Rp 1.552.446.000. Pemeliharaan tersebut termasuk marka jalan.

Wali Kota Habib Hadi menambahkan, apa yang menjadi keluhan masyarakat sudah diselesaikan oleh pada akhir tahun. “Saya ingin memastikan kesiapan waktu (pekerjaan perbaikan) karena seperti yang kita tahu ini tepat di akhir tahun,” ujarnya.

“Semua ini butuh proses, butuh waktu. Harus dipahami. Kami juga meminta warga bersabar karena perbaikan jalan agak mengganggu aktivitas pengguna jalan atau masyarakat setempat,” terang Habib Hadi. (ndi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO