Sabtu, 28 November 2020 04:04

Biar Aman di Jalan, Instruktur Safety Riding MPM: Hindari 5 Hal Berikut Ini

Selasa, 10 November 2020 15:39 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Biar Aman di Jalan, Instruktur Safety Riding MPM: Hindari 5 Hal Berikut Ini
Pengendara yang melintas di jalan harus menghindari 5 hal berbahaya supaya aman. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Saat berkendara di jalan, tanpa disadari pengendara sering melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, serta dapat memicu terjadinya kecelakaan sampai dengan melanggar peraturan lalu lintas yang berakibat dikenakan sanksi denda maupun kurungan.

Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan memberikan tips aman berkendara. Ia menjelaskan, ada 5 hal yang harus dihindari saat berkendara. Pertama, jangan merokok saat berkendara.

"Merokok pada waktu berkendara di jalan dapat merugikan pengguna jalan yang lain dan mengganggu konsentrasi," katanya, Selasa (10/11/2020).

Kedua, jangan menggunakan ponsel. Mengoperasikan ponsel saat naik motor sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain karena akan berkurangnya konsentrasi dan kewaspadaan.

"Apabila memang ada panggilan mendesak lebih baik menepi untuk menjawab panggilan dari ponsel," kata Hari.

Ketiga, sebaiknya tidak berboncengan lebih dari 1 orang. Sesuai dengan fungsinya, motor hanya boleh digunakan berboncengan untuk 1 orang. Karena akan kelebihan beban dan bisa merusak motor.

Hal keempat yang sebaiknya tidak dilakukan, yakni melawan arus. Berkendara dengan melawan arus bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Terakhir, jangan mematikan lampu sein. Lampu sein adalah alat pemberi tahu pengendara lain ketika berbelok atau berpindah jalur dan kebiasaan ini dapat memicu kecelakaan.

"Beberapa kebiasaan salah tersebut sering dilakukan oleh pengendara motor. Selain dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan juga melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku," pungkasnya. (diy/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...