Senin, 17 Mei 2021 05:36

Biar Aman di Jalan, Instruktur Safety Riding MPM: Hindari 5 Hal Berikut Ini

Selasa, 10 November 2020 15:39 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Biar Aman di Jalan, Instruktur Safety Riding MPM: Hindari 5 Hal Berikut Ini
Pengendara yang melintas di jalan harus menghindari 5 hal berbahaya supaya aman. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Saat berkendara di jalan, tanpa disadari pengendara sering melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, serta dapat memicu terjadinya kecelakaan sampai dengan melanggar peraturan lalu lintas yang berakibat dikenakan sanksi denda maupun kurungan.

Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan memberikan tips aman berkendara. Ia menjelaskan, ada 5 hal yang harus dihindari saat berkendara. Pertama, jangan merokok saat berkendara.

"Merokok pada waktu berkendara di jalan dapat merugikan pengguna jalan yang lain dan mengganggu konsentrasi," katanya, Selasa (10/11/2020).

Kedua, jangan menggunakan ponsel. Mengoperasikan ponsel saat naik motor sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain karena akan berkurangnya konsentrasi dan kewaspadaan.

BACA JUGA : 

SS Mobil 21 Kembali Buka Cabang di Maspion Square

Penghapusan PPnBM Bangkitkan Market Suzuki

Daya Beli Meningkat, BMW Berikan Program Khusus Selama 3 Hari bagi Pelanggan

New BMW The 5 Facelift Resmi Diperkenalkan di Surabaya

"Apabila memang ada panggilan mendesak lebih baik menepi untuk menjawab panggilan dari ponsel," kata Hari.

Ketiga, sebaiknya tidak berboncengan lebih dari 1 orang. Sesuai dengan fungsinya, motor hanya boleh digunakan berboncengan untuk 1 orang. Karena akan kelebihan beban dan bisa merusak motor.

Hal keempat yang sebaiknya tidak dilakukan, yakni melawan arus. Berkendara dengan melawan arus bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Terakhir, jangan mematikan lampu sein. Lampu sein adalah alat pemberi tahu pengendara lain ketika berbelok atau berpindah jalur dan kebiasaan ini dapat memicu kecelakaan.

"Beberapa kebiasaan salah tersebut sering dilakukan oleh pengendara motor. Selain dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan juga melanggar peraturan lalu lintas yang berlaku," pungkasnya. (diy/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...