Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkot Pasuruan Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya

Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkot Pasuruan Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya Pembukaan Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Sejarah dan Warisan Budaya bertempat di Daroessalam Hotel, Jalan Soekarno Hatta Kota Pasuruan. Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, S.E., S.Sos., M.M., ini digelar selama 3 hari, Senin (9/11) hingga Rabu (11/11).

Acara ini dihadiri Camat, Lurah, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kokoh Arie Hidayat menyampaikan sambutan Pjs. Wali Kota Pasuruan, yang memberikan perhatian terhadap menjamurnya kampung tematik dalam beberapa kurun waktu terakhir.

"Pendekatan kampung tematik tersebut, tidak dapat dilepaskan dari paradigma pariwisata, yakni upaya untuk membangun ekonomi dengan menjual eksotisme sejarah dan budaya. Kepentingan pariwisata yang instan akan menggerus budaya kampung, menjadikan warganya hanya sebagai penonton, hingga mereduksi kampung sebagai obyek belaka. Tantangannya adalah bagaimana kampung-kampung tersebut cekatan memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk terus menggali dan mengolah kearifan," ujar Kokoh.

Untuk mewujudkan itu, ia mengajak seluruh pihak, utamanya pokdarwis, agar bekerja lebih maksimal lagi untuk percepatan pembangunan di sektor pengembangan pariwisata Kota Pasuruan.

"Keberhasilan jangka panjang pengembangan kepariwisataan dapat mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam sapta pesona. Namun, harus disadari bersama bahwa upaya menggerakkan sektor kepariwisataan berbasis masyarakat menuju destinasi pariwisata memerlukan kebersamaan, memerlukan sinergi dari semua pihak, baik dari kalangan para pelaku pariwisata, unsur komunitas masyarakat, akademisi hingga birokrat," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO