Senin, 21 Juni 2021 02:34

Kolaborasi dengan FPTI Pamekasan, Mapala Salatiga Jajal Jalur Pemanjatan di Tebing Mahawaru

Minggu, 08 November 2020 18:50 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Kolaborasi dengan FPTI Pamekasan, Mapala Salatiga Jajal Jalur Pemanjatan di Tebing Mahawaru
MEMACU ADRENALIN: Para Pemanjat FPTI dan Mapala Salatiga sedang menjajal jalur pemanjatan di Tebing Mahawaru.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan bekerja sama dengan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari Salatiga, Jawa Tengah melakukan inventarisasi dan identifikasi lanjut jalur pemanjatan di Tebing Mahawaru, Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (08/11/20).

Rekreasi dan olahraga merupakan tujuan dari para pemanjat tebing dalam mengimplementasikan bakat dan teknik pemanjatan di alam terbuka. Namun, dengan pengawasan dan prosedur keamanan standar yang ditentukan.

Sebanyak belasan pegiat alam bebas ini melakukan inventarisasi dan identifikasi lanjut jalur pemanjatan tebing alam di Gugusan Bukit Kol Manis itu. Bahkan, mengingat curamnya sudut tebing, mereka membawa perlengkapan pemanjatan tebing alam yang lengkap dan standar.

Mulai dari harness, tali kernmantel, sepatu panjat, hanger, hingga safety helmet yang harus dikenakan para pemanjat yang akan menjajal gaharnya dinding alam tersebut. Tak ayal, banyak pemanjat yang terkagum setelah sampai di pit teratas yang mencapai 30 meter lebih itu.

BACA JUGA : 

Antisipasi Kekurangan Air Bersih, Rumah Zakat Resmikan Bantuan Sumur Bor di Pamekasan

Wali Kota Maidi: Kita Beruntung Punya Pancasila, Benteng Ideologi Penjaga Persatuan Bangsa

Bobol Data Kartu Kredit untuk Transaksi Mata Uang Kripto, 4 Mahasiswa Diamankan Polda Jatim

Diduga Hendak Mandi, Nenek di Pamekasan Tewas Terjatuh di Sumur Sedalam 40 Meter

Wahyudi, Ketua Umum FPTI Pamekasan menjelaskan, kegiatan itu merupakan wadah mengasah intuisi atlet puslatkab dalam melakukan pemanjatan alam. Selain menjadi ajang refreshment setelah jenuh berlatih di dinding artificial/buatan selama pandemi.

"Alhamdulillah kami kedatangan tamu dari Jateng yang ingin menjajal jalur lintas panjat sekaligus melakukan aplikasi pemanjatan juga. Jadi, sekalian kami lakukan latihan bareng pagi ini," ungkapnya di sela-sela kegiatan tersebut.

Diakuinya, potensi olahraga alam bebas merupakan keunggulan tersirat dari Bumi Gerbang Salam ini. Jadi, sudah sewajarnya mengkolaborasikan olahraga alam bebas dengan potensi alam menjadi jalan tengah untuk mengenal Pamekasan sebagai "Hatinya Madura" yang sebenarnya.

Dengan aktivitas ini, diharapkan juga FPTI Pamekasan dapat mengenalkan potensi alam Pamekasan dari sisi olahraga alam bebas kepada khalayak. Sehingga, akan lebih dikenal lebih luas lagi keindahan dan eksotika alamnya ke depan.

"Kami kenalkan Pamekasan melalui potensi alam bebas yang dikemas dalam gelaran olahraga. Dengan demikian, pola pembinaan prestasi dan rekreasi dapat mendukung pembangunan Pamekasan menuju Kabupaten berkemajuan dan hebat," tukasnya. (yen/ian)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...