​Menang Telak, Joe Biden Kutip Hadits, Janji Perlakukan Islam seperti Agama Lain

​Menang Telak, Joe Biden Kutip Hadits, Janji Perlakukan Islam seperti Agama Lain Calon Presiden AS Joe Biden bersama calon Wakil Presiden AS Kamala Harris. foto: AP Photo/Carolyn Kaster

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Presiden Joe Biden menang telak dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) melawan Capres petahana Donald Trump. Biden, pria berusia 77 tahun itu, unggul 4,1 juta suara dari total 147 juta suara nasional. Perolehan suara ini memecahkan rekor melampaui prestasi presiden-presiden AS sebelumnya, termasuk Barack Obama.

Associated Press (AP) melaporkan bahwa Biden yang mantan Wakil Presiden AS era Presiden Obama itu kini meraih 264 electoral vote, sedang Trump tertinggal di angka 214. Biden diprediksi bisa mengamankan 20 suara electoral di Pennsylvania sehingga total suaranya melebihi angka 270 suara electoral sebagai syarat minimal menjabat presiden. AS adalah negara federal yang terdiri dari 50 negara bagian.

Yang menarik, Biden terus-menerus memberi harapan kepada warga AS pemeluk agama Islam. Bahkan sejak saat kampanye, Biden terang-terangan mengajak umat Islam di AS bergabung dengan dirinya dalam pilpres. Manuver politik Biden ini tentu menjadi counter politik terhadap Trump yang selama ini sangat diskriminatif terhadap islam. Trump bahkan juga melarang umat Islam masuk AS dengan alasan terorisme.

Kebijakan-kebijakan rasialis dan diskriminatif Trump selama menjabat presiden AS memang menjadi bahan kampanye kritis bagi Biden. Apalagi Trump selama mimpin AS, selalu penuh gejolak karena ia ugal-ugalan, termasuk dalam menangani Covid-19.

Biden sebaliknya. Presiden baru AS itu bahkan tak segan-segan mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW dalam berbagai kesempatan. “Hadits Nabi Muhammad memerintahkan siapa pun di antara kamu, jika melihat kesalahan (kemungkaran) agar mengubah dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya, jika tidak mampu, ubahlah dengan hatinya,” kata Biden dalam viedo yang di-share lewat youtube. Hadits ini sangat popular di kalangan umat Islam.

Biden juga berjanji bahwa suara Muslim AS akan menjadi bagian dari kebijakan pemerintahan jika ia mendapat kehormatan menjadi presiden. “Saya akan mengakhiri larangan (travel ban) bagi Muslim pada pertama (menjabat presiden),” janji Biden dalam video tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO