Kurangi Pengangguran di Kota Delta, Pemkab Sidoarjo Gandeng BLK

Kurangi Pengangguran di Kota Delta, Pemkab Sidoarjo Gandeng BLK KUNJUNGAN: Menaker Ida Fauziyah didampingi Pj. Bupati Hudiyono saat mengunjungi BLK Sidoarjo, Jumat (6/11/2020). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - berupaya mengurangi angka pengangguran akibat pandemi Covid-19. Salah satunya bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Sidoarjo.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono di sela mendampingi kunjungan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziah ke BLK Sidoarjo di Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (6/11/2020).

Kata Hudiyono, keberadaan BLK tersebut sangat membantu mengurangi angka pengangguran, apalagi di tengah pandemi Covid-19 banyak terjadi PHK. "Di sini peserta dilatih keterampilan sehingga setelah lepas dari BLK mereka sudah punya keahlian," cetusnya.

Ia menambahkan, sudah kerja sama dengan BLK Sidoarjo dengan mengirimkan peserta pelatihan yang dibiayai menggunakan dana APBD Sidoarjo.

Dalam kunjungannya di BLK, Ida Fauziah dan Pj. Bupati Hudiyono melihat langsung peserta pelatihan prakerja. Mulai dari latihan menjahit, teknologi informatika, teknik permesinan, hingga tenaga administrasi akuntansi keuangan.

Selain mendapat ilmu, peserta pelatihan juga mendapatkan modal usaha. "Mayoritas peserta pelatihan kerja yang terdaftar di BLK Tulangan adalah warga Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, dan sebagian dari daerah lain," cetus Kepala BLK Sidoarjo, Iman Agung.

Sementara itu, Menaker Ida Fauziah menyampaikan, data pengangguran 9,7 juta orang, jumlah ini lebih banyak disebabkan karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, bulan Februari angka pengangguran masih di angka 6,9 juta.

Menaker berharap BLK Sidoarjo bisa membantu mengurangi angka pengangguran melalui sejumlah program pelatihan kepada para calon tenaga kerja. (sta/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO