Senin, 25 Januari 2021 05:41

Kurangi Pengangguran di Kota Delta, Pemkab Sidoarjo Gandeng BLK

Sabtu, 07 November 2020 01:01 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
Kurangi Pengangguran di Kota Delta, Pemkab Sidoarjo Gandeng BLK
KUNJUNGAN: Menaker Ida Fauziyah didampingi Pj. Bupati Hudiyono saat mengunjungi BLK Sidoarjo, Jumat (6/11/2020). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo berupaya mengurangi angka pengangguran akibat pandemi Covid-19. Salah satunya bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Sidoarjo.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono di sela mendampingi kunjungan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziah ke BLK Sidoarjo di Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (6/11/2020).

Kata Hudiyono, keberadaan BLK tersebut sangat membantu mengurangi angka pengangguran, apalagi di tengah pandemi Covid-19 banyak terjadi PHK. "Di sini peserta dilatih keterampilan sehingga setelah lepas dari BLK mereka sudah punya keahlian," cetusnya.

Ia menambahkan, Pemkab Sidoarjo sudah kerja sama dengan BLK Sidoarjo dengan mengirimkan peserta pelatihan yang dibiayai menggunakan dana APBD Sidoarjo.

Dalam kunjungannya di BLK, Ida Fauziah dan Pj. Bupati Hudiyono melihat langsung peserta pelatihan prakerja. Mulai dari latihan menjahit, teknologi informatika, teknik permesinan, hingga tenaga administrasi akuntansi keuangan.

Selain mendapat ilmu, peserta pelatihan juga mendapatkan modal usaha. "Mayoritas peserta pelatihan kerja yang terdaftar di BLK Tulangan adalah warga Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, dan sebagian dari daerah lain," cetus Kepala BLK Sidoarjo, Iman Agung.

Sementara itu, Menaker Ida Fauziah menyampaikan, data pengangguran 9,7 juta orang, jumlah ini lebih banyak disebabkan karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, bulan Februari angka pengangguran masih di angka 6,9 juta.

Menaker berharap BLK Sidoarjo bisa membantu mengurangi angka pengangguran melalui sejumlah program pelatihan kepada para calon tenaga kerja. (sta/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...