Ada Ledakan Lebih Hebat dari Matahari. Ma Khalaqta Hadzaa Bathila

Ada Ledakan Lebih Hebat dari Matahari. Ma Khalaqta Hadzaa Bathila Pemandangan baru Bima Sakti dari Murchison Widefield Array, dengan frekuensi terendah berwarna merah, frekuensi tengah berwarna hijau, dan frekuensi tertinggi berwarna biru. Filamen emas besar menunjukkan medan magnet yang sangat besar, sisa supernova terlihat sebagai gelembung bola kecil, dan daerah pembentukan bintang masif muncul dengan warna biru. [Lubang hitam supermasif di pusat galaksi kita tersembunyi di wilayah putih terang di tengahnya.] Kredit: Dr Natasha Hurley-Walker (ICRAR / Curtin)

BANGSAONLINE.com - Ilmuwan di bumi, di Kanada, Amerika Serikat,dan China, dibuat tercengang, dengan ditemukannya ledakan radio, yang hanya selama milidetik. Namun, energinya energi matahari sepanjang hari. Yang membuat tercengang, ledakan itu berasal dari satu galaksi dengan bumi, yaitu Bima Sakti.

Para ilmuwan telah mendeteksi sinyal radio misterius dan kuat yang berasal dari dalam Bima Sakti.

Fast radio bursts (FRBs) adalah fenomena membingungkan yang pertama kali terdeteksi pada tahun 2007 - tetapi pengamatan sebelumnya tidak pernah mengidentifikasi FRBs dari dalam galaksi sendiri.

Ledakan sangat singkat, tetapi sangat kuat - memancarkan lebih banyak energi dalam satu milidetik daripada yang dilakukan matahari sepanjang hari.

Semburan radio memiliki kekuatan lebih dari keluaran matahari dalam sehari.

Tiga makalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, berdasarkan pengamatan yang dilakukan di seluruh dunia - di Kanada, AS, China, dan bahkan dari - berpotensi mengungkap sumbernya.

Awal tahun ini, pada 27 April, dua teleskop menangkap radiasi sinar-X dan sinar gamma yang kuat yang berasal dari benda kosmik di dalam galaksi.

Ketika memanfaatkan teleskop di Bumi untuk mengamati wilayah itu keesokan harinya, mereka melihat ledakan radio yang sangat kuat dan cepat, yang mereka beri nama FRB 200428, sesuai dengan tanggal tersebut.

Sumber: news.sky.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO