Debat Kandidat, KPU Lamongan Siapkan 5 Panelis dari Kalangan Akademisi

Debat Kandidat, KPU Lamongan Siapkan 5 Panelis dari Kalangan Akademisi Tiga pasangan calon saat mengambil nomor undian. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang Tahapan Debat Kandidat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Lamongan 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan menyiapkan 5 orang panelis yang akan menyusun materi debat.

Ketua , Mahrus Ali menjelaskan, kelima panelis yang digandeng tersebut seluruhnya berlatar belakang akademisi.

“Kalau menurut ketentuan, panelis sebenarnya boleh dari kalangan profesional, akademisi, maupun tokoh. Namun untuk sebuah pandangan atau bicara tentang afiliasi, netralitas, dan implementasi, itu lebih ke akademisi," terang Mahrus pada sejumlah awak media, Kamis (5/11/2020) siang.

Dijelaskan Mahrus, memiliki pertimbangan khusus mengapa tidak menyertakan kalangan profesional dan tokoh sebagai panelis Debat Kandidat Cabup dan Bacawabup Lamongan.

"Karena kalau pengusaha, jangan-jangan nanti afiliasinya itu meskipun tidak secara langsung, bersinggungan dengan salah satu calon. Begitu pula dengan tokoh, hari ini kan tokoh jadi rebutan para kontestan, jadi teman-teman akademisinya yang kita dipilih," jelasnya.

Hingga saat ini, masih merahasiakan kelima panelis tersebut.

“Untuk saat ini masih kita rahasiakan demi keamanan bersama, dalam artian jangan sampai kita menyebutkan wilayahnya atau personalnya, kan tidak menutup kemungkinan akan ada pihak yang merapat untuk meminta bocoran atau yang lainnya,” tegasnya.

Pelaksanaan Debat Kandidat Cabup dan Bacawabup Lamongan sendiri akan dilaksanakan dua putaran. Putaran pertama digelar tanggal 14 November 2020, sedangkan putaran kedua tanggal 27 November 2020.

“Debat Kandidat Cabup dan Bacawabup Lamongan yang pertama adalah penyampaian gambaran umum visi, misi, dan program. Nanti debat yang kedua itu adalah penajaman dari beberapa bidang. Artinya yang ke dua lebih fokus dengan disertai solusi," pungkasnya.

Seperti diketahui, diikuti oleh tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1 Suhandoyo-Astiti Suwarni, nomor urut 2 Yuhronur Efendi-K.H. Abdul Rouf, dan nomor urut 3 Kartika Hidayati-Saim. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO