Galakkan Gemar Makan Ikan, Arumi Bachsin Turun ke Probolinggo

Galakkan Gemar Makan Ikan, Arumi Bachsin Turun ke Probolinggo Arumi Bachsin, istri Wagub Emil Dardak bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo saat sosialisasi gemar makan ikan.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kurangnya gemar makan ikan (Gemarikan) menjadi perhatian serius Provinsi Jawa Timur. Hal ini dibuktikan dengan turunnya Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak ke Kota Probolinggo.

Arumi Bachsin datang bertujuan untuk memperluas kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Probolinggo, Selasa (3/11). Melalui ini diharapkan masyarakat lebih menyadari pentingnya makan ikan.

“Gemarikan bukan berisi, slogan tapi sebuah program nyata agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat seperti kegiatan saat ini. Kegiatan ini sangat bagus sekali di masa pandemi Covid-19, karena dapat meningkatkan ketahanan pangan dan gizi pada masyarakat. Selain itu, dapat menggerakan sektor riil seperti pengolah, pembudidaya dan nelayan,” ujar Aminah Hadi Zainal Abidin.

Gemarikan ini, lanjut Aminah, menjadi media memperkenalkan berbagai jenis olahan berbahan dasar ikan. Karena potensi ikan sangat besar, bergizi tinggi, dan sangat baik untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak, ibu hamil hingga lansia. Gemarikan mampu mengakomodasikan kepentingan pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, kuat, dan cerdas.

Siang itu, juga dilakukan penyerahan paket oleh Ketua Forikan Jatim Arumi Bachsin kepada perwakilan warga secara simbolis didampingi Ketua Forikan Kota Probolinggo Aminah Hadi. Sebanyak 200 paket yang diserahkan berisi produk olahan hasil perikanan seperti krupuk, amplang, abon, stik, dan minuman rumput laut. Kemudian bandeng presto, otak-otak, 2 kg ikan segar, media edukasi, serta masker.

Sementara itu, Arumi Bachsin menyatakan, perluasan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Jawa Timur, khususnya Kota Probolinggo. Sebab ikan punya gizi seimbang dan aman. Di tengah pandemi, konsumsi ikan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

“Pencapaian konsumsi ikan di Kota Probolinggo 44 kg per kapita, ini sangat luar biasa. Ada harapan saya angka ini bisa terus meningkat. Ikan punya berjuta manfaat, tapi bukan berjuta rupiah. Harganya yang bervariasi dapat disesuaikan dengan kantong kita semua,” ujar istri Wagub Jatim, Emil Dardak ini.

Peluasan kampanye dilaksanakan oleh Forikan Jatim ke 17 kota/kabupaten. Kota Probolinggo menjadi lokasi ke-8. Pasalnya, ada harapan untuk Kota Probolinggo yang disampaikan oleh Arumi. Yaitu, perluasan kampanye bisa menjadi stimulan dari 44 kg per kapita konsumsi ikan dapat meningkat lagi. (ndi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO