​Aqua, Yakult, Vit, SGM, Peugeot, Citroen Diboikot, Akibat Presiden Prancis Hina Islam

​Aqua, Yakult, Vit, SGM, Peugeot, Citroen Diboikot, Akibat Presiden Prancis Hina Islam Inilah tangkapan layar daftar produk yang diserukan diboikot. Seruan ini beredar secara luas di media sosial. foto: WA

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Emmanuel Macron yang menghina Islam menuai petaka. Negara-negara berpenduduk Muslim memboikot produk negara pusat alat-alat kecantikan itu. Bahkan di media sosial kini beredar daftar produk yang harus diboikot, termasuk yang diproduksi di Indonesia. Antara lain: , Yakult, Vit, SGM, Carrefour, Mobil Peugeot, Citroen, Renault, dan produk  lainnya.

Kuwait, misalnya sangat tegas. Seperti dikutip CNBC, jaringan supermarket di Negara tersebut mengeluarkan semua produk dari rak sebagai bentuk aksi protes.

Begitu juga Qatar. Alwajba Dairy Company dan Almeera Consumer Goods Company mengatakan akan memboikot produk dan akan memberikan alternatif lain.

Yordania, Palestina, hingga Israel juga melakukan hal yang sama. Universitas Qatar juga melakukan boikot. Bahkan Perguruan tinggi tersebut memutuskan untuk menunda Pekan Budaya sebagai protes atas penghinaan anti-Islam.

Seruan boikot juga terjadi di Kuwait dan Turki. Bahkan Presiden Turki meminta warganya tak membeli barang-barang asal .

(Tangkapan layar produk-produk yang diserukan diboikot yang beredar di media sosial. Foto: WA)

Bagaimana dengan Indonesia? Meski Presiden Joko Widodo mengecam pernyataan Presiden Macron, tapi pemerintah Indonesia tak melakukan boikot. Namun kampanye boikot banyak dilakukan oleh beberapa lembaga Islam. Termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Loh, tapi kenapa kok ikut diboikot? Bukankah perusahaan air mineral ini didrikan oleh Tirto Utomo dengan nama PT Golden Mississippi pada 1973. Yang pabrik pertamanya berada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat?

Betul. Tapi pada 1998, PT Tirta Investama dan Danone - melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd - menandatangani perjanjian berkolaborasi membentuk grup . Pada tahun 2000 pun mulai mencantumkan 'Danone' di seluruh produknya.

Nah, seperti dilansir detik.com, Danone membeli banyak saham milik PT Tirta Investama (sebelumnya tercatat sebagai PT Golden Mississippi) di Bursa Efek Indonesia. Bahkan sekarang, Danone menjadi pemegang saham mayoritas grup .

Lalu Danone itu perusahaan mana. Danone adalah produsen makanan dan minuman yang berkantor pusat di . Nah.

Karena itu wajar jika para pengelola perusahaan asal di Indonesia - termasuk - kalang kabut. Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin,  menjelaskan, beberapa produk yang dijual di Indonesia saat ini, seperti dan SGM, murni hasil pengembangan dalam negeri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO