Oktober, Tanah Longsor dan Angin Kencang Dominasi Bencana di Kota Batu

Oktober, Tanah Longsor dan Angin Kencang Dominasi Bencana di Kota Batu Salah satu bencana pohon tumbang akibat angin kencang.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tanah longsor dan angin kencang masih mendominasi bencana di Kota Batu selama Oktober 2020. Berdasarkan catatan BPBD Kota Batu, selama bulan Oktober 2020 terdapat 6 bencana yang melanda Kota Batu. Bencana itu masih didominasi kejadian tanah longsor dan angin kencang.

"Jumlah bencana pada Oktober ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan September. Bulan Oktober bencana dominasi tanah longsor dan pohon tumbang akibat angin kencang. Sedangkan pada September hanya angin kencang saja," ujar Agung Sedayu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu.

Agung merinci, bencana itu tersebar di tiga kecamatan yakni, Batu, Junrejo, dan Bumiaji. Di Kecamatan Junrejo ada di Desa Beji sebanyak satu bencana. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Sumberejo dan Kelurahan Sisir, keduanya terdapat satu kejadian bencana.

"Sedangkan di Kecamatan Bumiaji di kawasan Desa Pandanrejo, Desa Sumberejo, dan Desa Giripurno, masing-masing terdapat satu kejadian bencana. Selain itu, peristiwa pohon tumbang terjadi di kawasan Kecamatan Batu, tepatnya berada di Desa Sidomulyo, dan Kelurahan Sisir," terangnya.

Sementara itu, pada awal November ini hanya terjadi bencana pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Dusun Binangun, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Angin kencang yang terjadi itu lantaran hujan yang mengguyur sejak malam hingga dini hari disertai angin yang tak kunjung reda. Dahan pohon yang patah berdiameter 30 centimeter, dan panjang 5 meter menimpa kabel dan menutup sebagian badan jalan.

"Memasuki musim penghujan ini, kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada akan potensi bencana yang terjadi di sekitar kita," harapnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO