​Targetkan Lolos Tes CPNS MA RI, Pemuda Asal Pamekasan Malah Raih Top Skor se-Jatim

​Targetkan Lolos Tes CPNS MA RI, Pemuda Asal Pamekasan Malah Raih Top Skor se-Jatim Gandhi Satria Dharma, pemuda asal Kabupaten Pamekasan, Madura yang raih top skor tertinggi Mahkamah Agung RI.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pengumuman ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 menghasilkan kabar menggembirakan dan membanggakan bagi masyarakat Bumi Gerbang Salam, Kabupaten Pamekasan. Pasalnya, salah satu peserta seleksi CPNS Mahkamah Agung RI asal Kabupaten Pamekasan, Madura telah memperoleh skor tertinggi.

Ia adalah Gandhi Satria Dharma. Ia lolos seleksi dengan hasil skor terbaik Jawa Timur dalam Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) dengan total nilai 405 dan integrasi nilai tertinggi Jawa Timur dengan nilai 79,160 dalam formasi jabatan Analis Perkara Peradilan Mahkamah Agung RI.

Pengumuman itu dilansir laman resmi Mahkamah Agung RI. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi CPNS 2019 Mahkamah Agung RI dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), berhak untuk melaju ke tahap pemberkasan.

Perlu diketahui juga, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Gandhi Satria Dharma juga paling tinggi jika dibandingkan dengan peserta lain yang mengikuti seleksi dengan formasi yang sama.

Tidak cukup hanya di situ, pria yang akrab disapa Gandhi itu, meraih top skor dalam seleksi CPNS 2019 ini bukan hanya dari jenis formasi umum yang ia ikuti. Melainkan, skor SKB dan integrasi nilai yang tertera dalam lampiran pengumuman, Gandhi juga menjadi yang terbaik dari semua jenis formasi, baik jenis formasi lulusan terbaik (cumlaude) maupun dari jenis formasi disabilitas.

Adapun jumlah pelamar Analis Perkara Peradilan Mahkamah Agung RI semula sebanyak 20.102 peserta untuk diseleksi kelengkapan administratifnya. Lalu dari jumlah tersebut, terpilih 19.523 peserta yang berhak melaju ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Selama berlangsungnya SKD, hanya 786 peserta saja yang memenuhi nilai ambang batas untuk bisa lanjut ke tahap Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). Dan setelah melalui semua seleksi tersebut, maka sampailah ke tahap akhir, tersisa sebanyak 262 peserta yang dinyatakan lolos seleksi CPNS MA RI tahun 2019.

Gandhi Satria Dharma dengan tetap merendah mengatakan, bahwa nilai tertinggi yang ia raih berkat doa orang tua dan jerih payahnya yang tekun belajar dengan gigih.

"Alhamdulillah sangat senang, bahagia, dan terharu juga. Keberhasilan saya ini berkat Allah SWT, doa orang tua, keluarga, dan teman-teman, akhirnya saya bisa lolos seleksi CPNS MA RI," ujar Ghandi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (02/11/20).

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO