​Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, FISIP Unair Dirikan Perpustakaan Desa di Kediri

​Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, FISIP Unair Dirikan Perpustakaan Desa di Kediri Doktor Rahma Sugihartati, Dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga saat menyerahkan bantuan buku kepada Plt. Camat Purwoasri, Mudatsir. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Upaya meningkatkan perekonomian dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan meningkatkan minat baca masyarakat. Oleh karenanya, Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Airlangga dalam program pengabdiannya kepada masyarakat, mendirikan desa dengan memberikan ratusan buku dari berbagai kategori dan tema untuk masyarakat Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten .

Doktor Rahma Sugihartati, Dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga mengatakan bahwa dalam pengabdiannya ini, Universitas Airlangga juga memberikan bimbingan teknis pengelolaan desa.

"Diharapkan pengabdian ini bisa membuka kesempatan bagi masyarakat desa untuk memanfaatkan koleksi buku. Selain itu, bagi pengelola desa juga bisa menggagas event-event yang tujuannya untuk meningkatkan literasi masyarakat, dengan memanfaatkan desa, sehingga dengan peningkatan literasi tersebut masyarakat dapat mengembangkan alternatif-alternatif usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian," kata Rahma.

Sementara itu, Plt. Camat Purwoasri, Mudatsir mengucapkan terima kasih atas kepedulian Universitas Airlangga terhadap masyarakat Desa Pesing. Menurutnya, dengan adanya ini akan menciptakan lapangan kerja baru, dan yang terpenting dapat meningkatkan perekonomian.

"Roda perekonomian tidak hanya bisa digerakkan dengan modal, namun juga melalui daya dan upaya seperti pendirian ini. Harapannya hal semacam ini dapat dilakukan menyeluruh di desa-desa yang lain di Kecamatan Purwoasri," ucap Mudatsir, Minggu (1/11/2020).

Hadirnya desa ini, tambah Mudatsir, dapat mengubah paradigma bahwa bukan hanya sebagai ruang untuk membaca, melainkan sebuah ruang di mana orang-orang yang hendak mengubah peradaban, pola pikir, dan hal lainnya dapat bertemu dan bekerja sama, sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kreativitas dan inovasi agar menjadi produktif, bagi kesejahteraan masyarakat itu sendiri. (adv/kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO