Rabu, 02 Desember 2020 03:20

Sehari, PDAM Jember Raih Dua Penghargaan dari Mendagri dan BPPSPAM Sekaligus

Minggu, 25 Oktober 2020 20:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Sehari, PDAM Jember Raih Dua Penghargaan dari Mendagri dan BPPSPAM Sekaligus
Drs. Chomaidi, Direktur BUMD Depdapgri saat menyerahkan penghargaan kepada Direktur PDAM Jember Ir Ady Setiawan, S.H., M.H., M.M.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melalui Set Ditjen Direktur BUMD Drs. Chomaidi menyerahkan penghargaan kepada 10 direktur PDAM se-Jawa Timur.

Kesepuluh PDAM Prestasi Perhitungan Indikator Kinerja baik berdasarkan keputusan Mendagri Nomor: 47 Tahun 1999 di antaranya, PDAM Jember, PDAM Kota dan Kabupaten Malang, PDAM Surabaya, PDAM Kota dan Kabupaten Madiun, PDAM Bojonegoro, PDAM Banyuwangi, dan PDAM Bondowoso. 

Penyerahan penghargaan tersebut dikemas dalam acara Lokakarya Permendagri No.21 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No.71 Tahun 2016 tentang perhitungan tarif air minum. Acara berlangsung pada Sabtu ( 24/10/2021) di Hotel Singgasan Surabaya ini dihadiri oleh seluruh direktur PDAM se-Jawa Timur dan beberapa utusan dari dinas terkait.

Usai menerima penghargaan, Direktur PDAM Jember Ir. H. Ady Setiawan, S.H., M.H. kepada BANGSAONLINE.com mengucapkan syukur atas penghargaan yang diberikan oleh Mendagri yang diserahkan langsung oleh Direktur BUMD.

"Saya tidak mengira dalam acara lokakarya yang diadakan oleh Pengurus Daerah Perpamsi Jawa Timur diselipi penyerahan penghargaan," kata Ady Setiawan.

"Alhamdulillah, kerja keras teman-teman selama ini ada hasilnya dengan dapatnya PDAM Jember penghargaan Kinerja Baik," sambungnya.

Menurut Ady, tanpa disadari oleh teman-teman selama ini ia sudah membuat standar kerja dengan cara pengukuran kinerja yang dilakukan terhadap berbagai aktivitas dalam rantai nilai yang ada pada perusahaan. Sedangkan hasil dari pengukuran tersebut digunakan sebagai umpan balik dalam bentuk tindakan yang efektif dan efisien. 

"Serta akan memberikan informasi tentang prestasi pelaksanaan suatu rencana dan titik di mana perusahaan memerlukan penyesuaian-penyesuaian atas aktivitas perencanaan dan pengendalian. Juga bertujuan untuk memotivasi karyawan agar dapat mencapai sasaran organisasi dan mematuhi standar perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya," jelasnya.

Di tempat yang sama sehari sebelumnya (Jumat, 23/10/2020), PDAM Jember juga mendapatkan penghargaan Kesehatan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dengan hasil nilai 4.090. Penilaian ini terkait kesehatan PDAM dengan mengukur tingkat kinerja manajemen dalam mengelola perusahaan, sehingga dapat diketahui tingkat efisien dan efektivitas pengelolaan PDAM .

"Dengan nilai 4.090, PDAM Jember bisa dikatakan sangat sehat. Ada tiga kategori penilaian, nilai > 2,8 sudah bisa dikatakan sehat, nilai 2.2 - 2,8 kurang sehat dan nilai < 2,2 sakit. Untuk melakukan penilaian ini BPPSPAM bekerja sama dengan BPKP," pungkas Ady. (yud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...