Anggota Dewan Jatim Ramai-Ramai Maju Pilkada

Anggota Dewan Jatim  Ramai-Ramai Maju Pilkada

SURABAYA (BangsaOnline) - Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) yang akan dilakukan secara serentak di 18 kabupaten/kota di Jawa Timur ternyata menjadi magnet yang kuat sehingga menarik para tokoh masyarakat dan politisi untuk maju merebut kursi kepala daerah. Bahkan daya tarik pilkada juga menarik minat para anggota parlemen untuk turut bertarung merebut suara rakyat. Terbukti, sejumlah anggota DPRD Jatim disebut-sebut bakal maju dalam ajang suksesi kepala daerah tersebut.

Dari pengamatan BangsaOnline para wakil rakyat yang maju dalam Pilkada 2015 adalah Suli daim dari fraksi PAN. Politisi senior partai berlambang matahari itu dikabarkan maju dalam pilkada di kabupaten Ponorogo atau Lamongan. Sedangkan kolega Suli di Fraksi PAN, Zainul Luthfi digadang-gadang maju di pilkada Sidoarjo.

Sugiri Sancoko dari Fraksi Partai Demokrat juga disebut-sebut bakal maju merebut kursi kepala daerah di Ponorogo yang merupakan kampung halamannya. Dari Fraksi PKB, Miftahul Ulum hampir dipastikan meraih rekom PKB untuk maju dalam pilkada Jember. Orang nomor satu di DPC PKB Jember yang akrab disapa Cak Ulum itu bakal head to head dengan anggota DPRD Jatim dari Fraksi NasDem-Hanura, Mochammad Eksan.

Peluang Eksan meraih tiket maju pilkada Jember cukup besar. Sebab Ketua Partai NasDem Jember itu selalu berada diurutan teratas dalam survei partai.Pilkada Jember tampaknya bakal menjadi ajang pertarungan anggota parlemen. Selain Cak Ulum dan Eksan, Karimullah dari Fraksi Partai Golkar juga dikabarkan akan maju di Jember. Demikian pula anggota Fraksi Gerindra Muhammad Fawaid.

Sementara Yusuf Rohana dari Fraksi PKS bakal direkomendasi maju di pilkada kabupaten Mojokerto. Sementara Suhandoyo dari Fraksi PDI Perjuangan santer dikabarkan maju dalam pilkada Lamongan. Ketua Fraksi PDIP di DPRD Jatim itu bakal head to head dengan Makin Abbas dari Fraksi PKB. Selain Makin Abbas, Kartika Hidayati juga disebut-sebut masih punya kans untuk maju dalam pilkada Lamongan. Sementara Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim, Baddrut Tamam dijagokan maju dalam pilkada Sumenep atau Pamekasan.

Miftahul Ulum, Wakil Komisi A DPRD Jatim mengungkapkan dirinya maju Pilkada 2015 karena dukungan dari sejumlah kalangan. Bahkan hasil muscab PKB kabupaten Jember telah merekomendasikan 4 kandidat yang akan maju dalam Pilkada 2015, salah satunya adalah dirinya. Dan saat ini rekom tersebut sudah masuk ke DPW PKB Jatim, selanjutnya akan dibawa ke DPP PKB.

"Nama saya masuk satu dari empat nama yang direkom DPC PKB Jember. Insya Allah, saya siap kalau nama saya yang diputuskan oleh DPP," tutur politisi berlatar kader NU itu.

Terpisah, untuk memenangi Pilkada serentak di 18 kabupaten atau kota di Jatim akhir tahun 2015, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan meluncurkan tim penjaringan dan pemenangan Pilkada yang dibentuk oleh DPW PKS Jatim. Rencananya tim tersebut akan diluncurkan awal bulan Maret 2015. Ketua DPW PKS Jatim, Hamy Wahjunianto mengatakan tim tersebut akan menjalin komunikasi dengan parpol pendukung atau pengusung calon kepala daerah. Tim ini akan menjajaki komunikasi dengan parpol setempat.

"Ketuanya Irwan Setiawan yang akan menjalin komunikasi," terang pria yang juga anggota DPRD Jatim itu.

Hammy mengatakan tim ini setelah diluncurkan akan menggelar pilot project dan simulasi pilkada untuk persiapan pilkada di daerah untuk mengusung kader PKS sendiri.

"Ada beberapa kabupaten yang akan coba dimunculkan kader PKS untuk di usung sendiri," sambungnya.

Hammy mengatakan ada beberapa daerah yang ada peluang kader PKS untuk diusung misalnya di Mojokerto dan Jember. Di Mojokerto PKS menyiapkan Yusuf Rohana dan di Jember ada Dokter Muhammad Dwi Kurwanto. Keduanya masih akan dikomunikasikan dengan parpol setempat.

Ditambahkan oleh Hamy, dalam pilkada di beberapa daerah di Jatim, PKS terikat dengan koalisi KMP seperti di Jakarta" Kalau berdasarkan koalisi KMP, daerah Situbondo dipastikan seluruh parpol KMP mengusung Ketua Golkar maju Pilbup Situbondo," pungkasnya.

Berikut nama-nama anggota DPRD Jatim yang diprediksi maju dalam Pilkada 2015:

Suli daim dari fraksi PAN (Ponorogo/Lamongan)

Sugiri sancoko dari fraksi Demokrat (Ponorogo)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO