​Nelayan Tuban Terima Konverter Kit, Penggunaan BBG Diklaim Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

​Nelayan Tuban Terima Konverter Kit, Penggunaan BBG Diklaim Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan Nelayan Tuban terima konverter kit. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi kembali menyerahkan paket konverter kit kepada nelayan di Kabupaten Tuban.

Dengan diberikannya alat konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) tersebut, membuat nelayan harus mulai menyesuaikan dengan penggunaan BBG untuk menunjang aktivitas mereka.

Kepala PPSDM Migas Cepu, Wahid Hasyim menjelaskan, bantuan paket konversi BBM ke BBG untuk nelayan di Kabupaten Tuban telah diberikan mulai tahun 2016 lalu, dan terus berlangsung hingga tahun ini. Tercatat, sebanyak 1.323 unit paket konverter kit telah diberikan untuk nelayan di Kabupaten Tuban.

"Tahun ini sebanyak 117 unit yang dibagi menjadi dua bagian, pertama 69 paket untuk nelayan pesisir, sisanya untuk nelayan air tawar," ujar Kepala PPSDM Migas Cepu, Wahid Hasyim, Kamis (22/10/2020).

Dirinya menambahkan, program tersebut memang diadakan untuk mendukung program diversifikasi energi dalam rangka mengurangi penggunaan dan subsidi BBM yang juga dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan.

Untuk itu, dirinya berpesan kepada nelayan agar merawat dan menggunakan alat konverter kit BBM ke BBG tersebut dengan baik sehingga bisa dirasakan manfaatnya, terlebih untuk peningkatan perekonomian.

"Nelayan mampu menghemat Rp 50 ribu per hari dengan menggunakan alat konversi BBM ke BBG ini," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO