​Dituduh Tak Netral, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Diminta Sumpah Pocong

​Dituduh Tak Netral, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Diminta Sumpah Pocong Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri (pegang mik) dengan jantan menghadapi umpatan dan cacian para pendemo. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan orang yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Kediri dan Aliansi Penegak Demokrasi Bima Sakti, menggelar aksi demo di depan Kantor KPU Kabupaten Kediri, Rabu ( 21/10/2020).

Dengan membawa mobil yang memuat sound system, mereka berorasi dan mengumpat-umpat anggota KPU Kabupaten Kediri. Yang unik, mereka juga membakar arang dan kemenyan serta menaburkan bunga tujuh rupa. Massa juga menantang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri untuk melakukan sumpah pocong. Masa menganggap KPU tidak netral dan memihak salah satu calon.

Sumpah pocong diminta massa untuk dilakukan agar KPU sebagai pihak penyelenggara pemilihan dapat berlaku netral dan tidak terlibat politik praktis hingga berbuat kecurangan yang berujung mencederai hasil pemilihan.

Tomi Ariwibowo, Koordinator Aksi mengatakan, sumpah pocong dilakukan untuk membuktikan bahwa KPU sebagai penyelenggara dapat  berlaku adil dan netral. Menurut Tomi, tindakan kecurangan bisa terjadi mengingat dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kediri tahun ini hanya memunculkan satu pasangan calon atau calon tunggal.

"Ya, hari ini kita datangi kantor KPU untuk menyumpah pocong mereka. Kita akan lihat, dalam sumpah pocong ini, mereka berani apa tidak. Jika tidak, berarti ada indikasi perbuatan kecurangan yang telah dilakukan oleh mereka," ujar Tomi kepada wartawan.

Namun di sini, lanjut Tomi, KPU yang diwakili oleh Komisioner Anwar Ansori, nyatanya tak berani untuk dilakukan sumpah pocong. 

Tomi berharap kepada KPU agar dapat berlaku adil, netral, dan tidak melakukan kecurangan. Pihaknya menginginkan di Pilbup Kediri kali ini bisa didapat suara yang sah, sehingga menghasilkan sosok kepala daerah yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kediri mengatakan bahwa dirinya tak mau disumpah oleh para pengunjuk rasa, lantaran dirinya bersama jajaran KPU lainnya telah melakukan sumpah secara resmi saat pelantikan jabatan sebagai anggota KPU Kabupaten Kediri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO