​Blusukan ke Kelurahan Pangeranan, Bupati Bangkalan Bantu Pembangunan RTLH Swadaya

​Blusukan ke Kelurahan Pangeranan, Bupati Bangkalan Bantu Pembangunan RTLH Swadaya Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - , R Abdul Latif Amin Imron melakukan blusukan ke Kelurahan Pangeranan. Kegiatan ini sekaligus untuk meninjau rumah salah satu warga yang tidak layak huni.

Bukan hanya tak layak huni, rumah milik Muhammad Yusuf (44) yang ditempati saat ini bukanlah miliknya, melainkan milik orang lain. Sehingga, ia membutuhkan rumah baru agar ia sekeluarga bisa mendapatkan tempat tinggal.

"Ini dalam rangka meninjau rumah warga atas saran Pak Lukman yang mengajukan sebuah program rumah tidak layak huni (RTLH)," ujar R Abdul Latif Amin Imron, Selasa (20/10/2020).

Namun, karena program yang diajukan terlambat, maka hanya bisa dimasukkan dalam program tahun 2021. Lukman kemudian mendesak agar bantuan dapat diberikan secara swadaya. Sebab hal tersebut dinilai mendesak. "Karena memang tidak bisa menunggu tahun depan, dan akan dibangun secara swadaya maka akan saya bantu," jelasnya.

Lukman Hakim, tokoh masyarakat Kelurahan Pangeranan,  mengatakan, Yusuf saat ini menempati sebuah rumah dengan perjanjian bisa menempati selama orang tuanya masih hidup. Namun, dua minggu lalu orang tuanya meninggal dan ia harus segera pindah dari rumah tersebut.

"Karena hal tersebut maka, saya tergerak untuk mengusulkan ke bupati. Alhamdulillah direspons baik dan bantuan ini akan diberikan melalui kantong pribadi bupati sendiri berupa dana pembangunan hingga selesai," ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi sikap bupati yang rendah hati serta memerhatikan masyarakat bawah. Sebab menurutnya, seorang pemimpin wajib meninjau langsung ke bawah dan tidak hanya memantau melalui birokrasi di bawahnya.

"Dengan peninjauan langsung dan memberikan bantuan ini, bupati telah mengaplikasikan sila kedua dan sila kelima dalam Pancasila. Kami sangat mengapresiasi langkah bupati sebagai pemimpin yang berkenan untuk terjun langsung ke bawah," imbuhnya.

Mengetahui rumahnya akan segera dibangun di tanah warisan miliknya tersebut, Yusuf mengucapkan banyak terima kasih kepada bupati dan juga Lukman.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga sangat berterima kasih kepada Pak Bupati dan Pak Lukman. Sekali lagi terima kasih tak terhingga," ujarnya. (uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO