Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Naik 3 Kali Lipat Sejak Adaptasi Kebiasaan Baru

Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Naik 3 Kali Lipat Sejak Adaptasi Kebiasaan Baru Suasana di ruang tunggu bandara yang masih tetap menjaga protokol kesehatan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru (new normal) sejak Juli lalu berimbas pada jumlah penumpang yang dilayani Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda. Sejak Januari hingga September kemarin terhitung 5 juta penumpang. 

Dari jumlah tersebut, trafik pada triwulan III mengalami kenaikan 3 kali lipat dibandingkan triwulan II, yakni 1,1 juta penumpang pada Juli sampai September.

PTS. General Manager Bandar Udara Internasional Juanda MMA, Indah Preastuty mengatakan, pada triwulan II ada 411.716 penumpang dan 1.133.855 penumpang di triwulan lII. Persentase kenaikannya cukup signifikan, yakni 175 persen.

"Peningkatan trafik ini masih didominasi penerbangan domestik. Untuk internasional hingga saat ini masih terbatas melayani untuk penerbangan repatriasi dan penerbangan terbatas sesuai aturan negara tujuan. Selain jumlah penumpang yang tumbuh positif, pergerakan pesawat dan kargo pun mengalami hal yang sama," tuturnya, Senin (19/10).

Pada triwulan III mencapai 13.504 pergerakan pesawat atau meningkat 97,2 dibandingkan triwulan II sebesar 6.848 pergerakan pesawat. Sedangkan untuk kargo 16.507.563 kg atau meningkat 65,96 persen dibandingkan triwulan II yang mencapai 9.946.504 kg.

Simak berita selengkapnya ...