Rabu, 02 Desember 2020 13:12

Anjungan TMII Jakarta Gelar Drama Tari "Nyabung Nyaba Etenga Saghara" Secara Virtual

Minggu, 18 Oktober 2020 14:53 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
Anjungan TMII Jakarta Gelar Drama Tari "Nyabung Nyaba Etenga Saghara" Secara Virtual
Pagelaran drama tari secara virtual, kerja sama antara Pemkab Pamekasan dengan Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur yang berada di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. (foto: ist)

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pamekasan bekerja sama dengan Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur yang berada di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta menggelar drama tari dengan judul "Nyabung Nyaba Etenga Saghara", Minggu (18/10/2020).

Pagelaran virtual itu, dibuka dengan tarian topeng Sukma Pamelingan, kemudian dilanjutkan dengan penampilan pagelaran peragaan busana yang menampilkan batik-batik Pamekasan yang dipadu dengan baju pesak khas Madura, lalu puncak acara menampilkan drama tari 'Nyabung Nyaba Etenga Saghara" dengan diiringi grup musik tradisional dari Kabupaten Pamekasan.

Hadir dalam pagelaran virtual yang berlangsung dari Mandhapa Agung Ronggosukowati tersebut, yakni Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Forkopimda Pamekasan, Plt. Kadisparbud Pamekasan Ir. Nurul Widyastuti, serta para pelaku seni di Kabupaten Pamekasan.

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersyukur dan bangga atas kesempatan untuk mengenalkan seni dan kebudayaan Daerah Kabupaten Pamekasan di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta.

"Walaupun disajikan secara virtual, mudah-mudahan tidak mengurangi rasa khidmat kita serta rasa bangga kita akan kesenian dan kebudayaan," ujar Baddrut Tamam, Minggu (18/10/2020).

"Saya bangga, saya bahagia atas penampilan barusan dan mudah-mudahan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Pamekasan terus hidup dan berkembang," sambungnya.

Baddrut berharap, apa yang barusan disuguhkan secara virtual bisa dinikmati dan bisa menginspirasi semua pihak tentang begitu pentingnya kesenian dan kebudayaan, serta rasa bangga akan kesenian dan kebudayaan sebagai penyemangat persaudaraan.

"Tarian barusan yang ditampilkan oleh anak-anak muda dan seniman di Kabupaten Pamekasan wujud persembahan Kabupaten Pamekasan untuk Indonesia," kata Baddrut Tamam.

Selanjutnya, Baddrut menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para tokoh seni di Kabupaten Pamekasan dan di luar Kabupaten Pamekasan atas kecintaannya kepada kebudayaan dan kesenian. (yen/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...