Selasa, 26 Januari 2021 18:05

Bupati Sambari Raih 2 Penghargaan di Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur

Senin, 12 Oktober 2020 15:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Bupati Sambari Raih 2 Penghargaan di Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto ketika menerima penghargaan dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik kembali menorehkan prestasi gemilang bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke -75 Provinsi Jawa Timur. Pemkab Gresik berhasil memboyong 2 penghargaan dari pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Timur, berupa Jer Basuki Mawa Beya dan Penyematan Lencana Jer Basuki Mawa Beya.

Kedua penghargaan diterima Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-75 tahun 2020, di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (12/10/2020).

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Gresik, Reza Pahlevi menyatakan, penghargaan tersebut diberikan gubernur atas dedikasi, tenaga, pikiran, dan jiwa raga yang selama ini diberikan kepada masyarakat.

"Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya merupakan bagian dari kekuatan, persatuan, hingga seluruh dedikasi, pengorbanan, dan perjuangan bersama," jelas Reza kepada BANGSAONLINE.com, Senin (12/10/2020).

Sebelumnya, kata Reza, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto Gresik juga berhasil meraih Penghargaan sebagai daerah dengan predikat Open Defecation Free (ODF). "Penghargaan ini diberikan karena masyarakat Gresik sudah terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan," terang Reza.

Reza lebih jauh menyatakan, bahwa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto pada resepsi penganugerahan dan silaturahim yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu (11/10/2020) malam.

Menurut Reza Pahlevi, penghargaan ini terbilang istimewa sebagai bentuk pengakuan bahwa derajat kesehatan masyarakat Gresik telah mengalami peningkatan. "Pemerintah beserta berbagai elemen telah berhasil merubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat," katanya.

"Sebelumnya kita masih sering menjumpai masyarakat buang air sembarangan. Saat ini tiada lagi. Masyarakat Gresik sudah membiasakan diri untuk buang air di WC. Selain itu sarana sanitasi lain sudah semakin sehat, termasuk mengelola makanan dalam rumah tangga serta pengelolaan limbah cair," sambung Reza.

Pada peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, Pemkab Gresik juga melaksanakan upacara peringatan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gresik. Meskipun pesertanya dibatasi, namun upacara tersebut diikuti oleh berbagai elemen, yaitu dari ASN Pemkab Gresik, TNI-Polri, Satpol PP, dan pasukan dari Dinas Perhubungan Gresik.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Infanteri Taufik Ismail. Tampak di kursi undangan, hadir juga Kapolres Gresik, Wakil Ketua DPRD Gresik, serta anggota Forkopimda yang lain.

Hadir juga Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Hj. Maria Ulfa Sambari, Perwakilan Dharma Wanita, serta para Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang pengaturannya disesuaikan dengan protokol kesehatan (prokes). (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...