Minggu, 06 Desember 2020 08:09

​Luncurkan "Kecamatan Ngartis", Pemkab Sidoarjo Antar KTP dan KK ke Rumah Pemohon

Sabtu, 10 Oktober 2020 23:16 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Mustain
​Luncurkan "Kecamatan Ngartis", Pemkab Sidoarjo Antar KTP dan KK ke Rumah Pemohon
Peluncuran program Kecamatan Ngartis, Jumat (9/10). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo membuat teroboson kebijakan untuk pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) di Kecamatan. Namanya program Kecamatan Antar Gratis (Kecamatan Ngartis).

Pogram ini bakal memudahkan Layanan cetak KTP elektronik dan Kartu Keluarga di 18 kecamatan. Dokumen tersebut apabila sudah jadi, akan diantar oleh petugas dari Kantor Pos Indonesia Cabang Sidoarjo ke rumah pemilik KTP atau KK tersebut.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sidoarjo Mohammad Ainur Rahman menyatakan maksimal penerimaan adalah H+1 setelah berkas di pick-up petugas Pos Indonesia di kantor kecamatan masing-masing.

Biaya antar perdokumen Rp 15 ribu ditanggung oleh APBD Kabupaten Sidoarjo, DPA Kecamatan masing-masing. "Dibayarkan secara kredit 1 bulan setelah pelayanan diberikan," cetus Ainur dalam rilis yang dikirimkan ke BANGSAONLINE.com, Sabtu (10/10).

Sekda Sidoarjo Achmad Zaini menegaskan, inovasi ini sesuai dengan visi misi Bupati 2016-2021. Satu OPD dalam satu tahun minimal satu inovasi. Sehingga dengan ini asi itu, banyak kemudahan yang didapat. "Apalagi sekarang di tengah pandemi Covid-19," cetus Zaini.

Inovasi membantu tugas pelayanan dari Pemkab Sidoarjo pada masyarakat. Layanan ini sudah diujicobakan di Kecamatan Taman.

Kepala kantor Pos Indonesia Cabang Sidoarjo Isnian Adiwijaya menguraikan sebelum dokumen dikirim ke rumah warga, yang bersangkutan terlebih dahulu akan mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat di ponsel.

Amplop surat paket ini berkop khusus yang menunjukkan asal surat, dari tiap-tiap kecamatan. Adi menghimbau agar alamat yang dituju, dituliskan selengkap-lengkapnya. "Kalau perlu diberi patokan dekat tempat apa. Agar memudahkan petugas kami. Jangan lupa disertai nomor hp aktif," terangnya.

Pengambilan dokumen ini dilakukan setiap hari selama ada permintaan untuk dikirim. "Meskipun satu atau dua dokumen saja," imbuhnya. Lanjutnya bahwa selain dengan kecamatan, layanan antar dokumen ini juga sudah dilakukan dengan Dispendukcapil Sidoarjo.

Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Reddy Kusuma menjelaskan sejak Mei 2020 sudah kerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk mengirim semua jenis dokumen Dukcapil. "Sebutannya "Yantis" (Pelayanan Antar Gratis)," beber Reddy. (sta)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...