Kamis, 03 Desember 2020 13:46

Grand Final Putra-Putri Batik Pamekasan 2020, Dorong Perkembangan Batik, Pariwisata, dan Budaya

Sabtu, 10 Oktober 2020 13:51 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Yeyen
Grand Final Putra-Putri Batik Pamekasan 2020, Dorong Perkembangan Batik, Pariwisata, dan Budaya
Pelaksanaan grand final Putra-putri Batik 2020 di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pamekasan menggelar Grand Final Pemilihan Putra-Putri Batik Pamekasan yang merupakan ajang untuk memilih putra-putri terbaik Pamekasan yang berbakat, dan memiliki kapasitas intelektual, sosial, dan spiritual yang akan membawa perkembangan batik, pariwisata, dan budaya kabupaten Pamekasan, Jumat (09/10/20) malam.

Walau dilaksanakan secara sederhana, ajang grand final putra-putri dalam masa pandemi covid-19 tetap menerapkan prokes kesehatan tersebut tidak mengurangi kemeriahan dan kesakralan acara grand final putra-puti batik di bumi gerbang salam.

Menurut Plt Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan Ir. Nurul Widiastuti, grand final pemilihan putra-putri batik bertujuan memaksimalkan perkembangan batik juga pariwisata di Kabupaten Pamekasan.

"Nantinya yang terpilih harus mampu menjabarkan bagaimana batik pamekasan serta filosofi batik yang beragam dan eksotik, dan bisa memperkenalkan batik Pamekasan ke tingkat nasional maupun internasional," tutur dia.

Sedangkan Sekdakab Pamekasan H. Totok Hartono yang membacakan sambutan Bupati Pamekasan mengatakan, pelaksanaan pemilihan putra-putri batik Pamekasan ini menunjukkan semangat dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam mengawal salah satu potensi unggulan Kabupaten Pamekasan.

Sekdakab juga mengingatkan kembali, Kabupaten Pamekasan pada tanggal 24 Juli 2009 telah dicanangkan sebagai Kabupaten batik oleh Gubernur Jawa Timur pencanangan ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk menggerakkan itu batik tulis.

"Dan dalam pencanangan kabupaten batik tersebut ada 1000 perempuan membatik di 1500 meter kain sehingga mendapatkan rekor dari Muri," ungkap Sekdakab.

Mantan Kadis PUPR tersebut menambahkan, Pemilihan Putra-Putri Batik Pamekasan ini pada dasarnya adalah memilih putra-putri terbaik Pamekasan yang berbakat dan memiliki kapasitas kepribadian intelektual sosial dan spiritual.

Ia juga berharap ajang ini haruslah bisa menjadi ruang untuk menempa diri serta harus mensukseskan wisata dan budaya juga potensi batik yang berbasis ekonomi.

"Ekpresi, kreasi dan prestasi ini harus mampu membawa batik pamekasan berjaya dan berbudaya," pungkasnya.

Adapun hasil pemilihan putra-putri batik 2020 sebagai berikut:

Juara 1

- Moh. Holil Setiawan

- Amelia Maudy S

Juara 2:

- Moh Farhan M A

- Shahnaz Larasati

Juara 3:

- Muhammad Iqbal A B

- Risqa Ramadhani

Busana terbaik:

- Moh. Alvian Efendi

- Aliya Shabira K

Persahabatan:

- Moh. Iqbal Arif P

- Febrianti Amalia

Bertalenta:

- Moh. Henjang S

- Denisa Annoerizi Y. (adv/yen/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...