Gandeng UPN, Pemkab Jombang Terus Upayakan Swasembada Pangan

Gandeng UPN, Pemkab Jombang Terus Upayakan Swasembada Pangan Mahasiswa UPN dan Bupati Jombang foto bersama usai lomba. (Dio/BangsaOnline)

JOMBANG (BangsaOnline) - Upaya swasembada pangan terus di kembangkan oleh Pemkab Jombang. Kali ini dengan menggandeng Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya. Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar Lomba teknologi tepat guna dan hasil produksi olahan unggulan binaan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur, pada kamis (29/1/2005) di Pendopo pemkab Jombang. Lomba tersebut digelar ditengah KKN mahasiswa UPN di Jombang selama dua minggu.

Lomba yang di digelar antar desa lokasi KKN gelombang 1 tahun 2014/2015 tersebut memperebutkan Piala Bupati Jombang dan Rektor UPN Veteran. Lokasi KKN mahasiswa UPN veteran dilaksanakan di 4 Kecamatan yakni di Kecamatan Ngoro, Wonosalam, Mojowarno dan Bareng.

Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Sudarto MP, dalam sambutannya mengatakan, progam KKN UPN Veteran di Kabupaten Jombang ini difokuskan untuk kesejahteraan masyarakat melalui teknologi tepat guna dan pendekatan sosial. Dan Khusus pendekatan teknologi tepat guna kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Sebagai contoh di Jombang yang mayoritas masyarakatnya adalah petani , maka inovasi teknologinya adalah dibidang pertanian, semisal teknologi pembibitan padi dengan menggunakan lumpur dan diluar area sawah ini akan menghemat waktu 15 hari , dan hasil anakannya lebih banyak lagi dan tentunya gabah yang dihasilkan nantinya juga akan meningkat,” ujarnya.

Ditambahkan Teguh Sudarto, Ada juga tenologi untuk menangkap hama sawah seperti tikus yang sering mangacak acak tanaman dan sering menggagalkan panen petani, semuanya adalah hasil inovasi mahasiswa UPN.

Simak berita selengkapnya ...