Rentetan Kejadian Bencana Meningkat, BPBD Minta Warga Batu Waspada

Rentetan Kejadian Bencana Meningkat, BPBD Minta Warga Batu Waspada Salah satu bencana tanah longsor yang menyebabkan pohon tumbang di Pandanrejo, Bumiaji, akhir September 2020 lalu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Rentetan kejadian bencana yang terus meningkat di dua bulan terakhir, mendapat perhatian serius BPBD Kota Batu. Lembaga penanggulangan bencana ini mengingatkan warga Kota Batu agar lebih waspada. Sebab, BPBD Kota Batu mencatat adanya peningakatan peristiwa bencana.

Di bulan Agustus, hanya ada satu peristiwa pohon berdiameter 30 centimeter dan tinggi 10 meter yang tumbang diterpa angin kencang. Sedangkan, di bulan September ada 3 peristiwa bencana angin kencang. 

Pertama, menerjang satu rumah di Kelurahan Temas hingga mengakibatkan rusak sedang di bagian atap pada 26 September. Berlanjut pada 30 September, merobohkan pagar besi SDN 01 Sumberejo.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Abdul Rochim mengungkapkan, pada September lalu juga terjadi kebakaran tiga kali. Pertama terjadi pada 17 September yang membakar rumpun pohon bambu hingga hampir menyetuh kabel listrik yang membentang di atasnya.

Berlanjut pada 21 September di Dusun Sumbersari, Giripurno. Kebakaran menghanguskan 28 ekor ayam peliharaan warga. Penyebab kebakaran diduga berasal dari tumpukan arang yang biasanya digunakan untuk membuat pakan ternak ayam pada malam hari.

Selanjutnya pada 28 September di kawasan perlindungan sempadan sungai petak 232 C, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu. Lahan seluas 2.500 meter persegi dilalap api. Pemicunya, petani penggarap melakukan pembakaran untuk membuka lahan. Kencangnya angin ditambah semak belukar yang mengering membuat api cepat merembet.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO