​Apresiasi Tenun Ikat Kediri, Khofifah: Keren Sekali, akan Jadi Ikon baru Seragam Perkantoran

​Apresiasi Tenun Ikat Kediri, Khofifah: Keren Sekali, akan Jadi Ikon baru Seragam Perkantoran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Kampung Wisata Tenun Ikat di Bandar Kidul, Kota Kediri, Sabtu (3/10). foto: ist/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa meninjau Kampung Wisata Tenun Ikat di Bandar Kidul, Kota Kediri, Sabtu (3/10). Tenun ikat merupakan salah satu kekayaan budaya lokal yang harus terus dilestarikan.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Kofifah juga berdialog dengan Pengrajin Tenun Ikat dan Netizen Kediri Instafest.

Mantan Mensos RI ini mengatakan, tradisi menenun di Bandar Kidul, Kota Kediri sudah dilakukan secara turun-temurun. Menenun sudah menjadi bagian dari tradisi yang diwariskan dari budaya seluruh warga yang ada di sini, sehingga regenerasinya bisa berjalan dengan baik.

Pemilik tenun ikat ini, tutur , mengajak anak muda untuk mencintai tradisi menenun. Dengan demikian, anak muda akan menjadi bagian yang bisa melestarikan tradisi tenun. Proses hulu hilirnya berjalan dengan baik seperti pemintalan benang, mengikat.

Menurut , keberseiringan antara gerakan ekonomi UMKM melalui tenun di sini dengan protokol kesehatan menjadi contoh yang bagus.

“Ini merupakan sesuatu yang menjadi referensi para millenial lestarikan budaya menenun, karena mereka yang menenun anak-anak muda. Ini sebuah ketelatenan yang harus dibangun oleh para penenun. Dan anak-anak muda di sini regenerasinya berjalan dengan baik. Harapannya, ekonominya gerak, protokol kesehatan terjaga,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO