​Ajak Milenial Kenalkan Batik Jatim, Gubernur Khofifah Minta Jadi Bagian Gaya Hidup

​Ajak Milenial Kenalkan Batik Jatim, Gubernur Khofifah Minta Jadi Bagian Gaya Hidup Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membantik. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa mengajak generasi millenial Jatim memperkenalkan lebih luas lagi khas Jatim. Menurut dia, Jatim memiliki banyak sekali motif dan warna sesuai dengan identitas dan kekhasan daerah masing-masing.

“Dari ujung barat Jatim sampai ujung timur, semua punya khas dengan motif yang khas dan tidak bisa ditemui didaerah lain,” ungkap saat peringatan Hari Batik Nasional, Jumát (2/10).

mengatakan, di Jatim, sentra bisa ditemui hampir di seluruh kabupaten dan/atau kota. Baik yang berskala besar maupun kecil. Namun demikian, sedikitnya ada 15 daerah yang merupakan penghasil yang cukup populer yakni antara lain, Mojokerto, Tuban, Banyuwangi, Tulungagung, Trenggalek, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Tulungagung, Malang, Ponorogo, dan Kediri.

Motif Jatim, kata memiliki motif yang kaya dengan nuansa alam. Selain dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan, motif Jatim juga terpengaruh budaya luar seperti Tionghoa dan India. Berbeda dengan motif kebanyakan, Jatim mempunyai motif yang lebih kontemporer, bebas, tanpa terikat pakem-pakem motif yang ada sebelumnya

“Di Mojokerto, sentra sudah berdiri sejak seabad lalu, tepatnya di Desa Majan dan Sumo. Ini menjadi bukti bahwa pesona Jatim sudah tersohor sejak dulu,” iimbuhnya.

Maka dari itu, lanjut , tidak ada alasan untuk tidak memakai dan ikut memperkenalkannya lebih luas lagi. Generasi Milenial dan Z, menurut dia, harus ikut ambil bagian dari perkembangan industri di Jatim.

berharap bisa menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Jatim. Cara ini, lanjutnya, juga untuk mendorong industri Jatim bisa bangkit akibat badai Covid-19. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Hidroponik, Budi Daya Menanam Favorit Petani Millenial ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO