​Begini Kesigapan Wali Kota Risma Hadapi Potensi Cuaca Ekstrem di Surabaya

​Begini Kesigapan Wali Kota Risma Hadapi Potensi Cuaca Ekstrem di Surabaya Para personel Linmas dibantu Satpol PP sedang mengecek perahu karet satu per satu. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Tri Rismaharini meninjau lokasi penyimpanan perahu yang terletak di Kantor BPB Linmas . Ia ingin memastikan semua perahu yang dimiliki dalam kondisi normal. Hal ini sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi datangnya hujan lebat dan angin kencang selama peralihan musim atau pancaroba.

"Tolong dicek, pastikan semua perahu ini dicoba. Supaya kita tahu ini bocor atau tidak, dicek minimal 3 jam," kata Wali Kota Risma usai mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lobi lantai 2 Balai Kota , langsung menuju Kantor BPB Linmas, Kamis (1/10/2020).

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada jajaran BPB dan Linmas untuk melakukan pengecekan mesin di setiap perahu tersebut. Apabila kondisi mesin perahu ada kerusakan, ia ingin agar segera dilakukan perbaikan. Dan, apabila tidak memungkinkan untuk diperbaiki, agar segera dilakukan penggantian. "Mesin-mesinnya dicek, kalau perlu diservis dahulu. Dicoba dahulu ada yang bocor atau tidak. Mesin-mesin perahu yang lama-lama itu juga dicek," ujarnya.

Kepala BPB dan Linmas Kota , Irvan Widyanto menyatakan bahwa langkah itu dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) dalam menghadapi potensi datangnya , dalam hal ini kebencanaan. "Meskipun kita berdoa untuk tidak minta datangnya bencana, tapi Ibu Wali Kota menekankan kepada semua OPD untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana," kata Irvan di sela meninjau kesiapan perahu karet.

Menurut Irvan, salah satu bentuk kesiapsiagaan ini adalah memastikan kondisi semua perahu karet beserta mesinnya dalam keadaan normal. Nantinya, perahu-perahu karet ini akan dibagikan ke masing-masing kecamatan. "Jadi kesiapan peralatan ini juga termasuk peralatan yang nanti dibagikan ke kecamatan. Kemudian Ibu Wali Kota juga menginstruksikan untuk mengecek semua rumah pompa," ungkapnya.

Di samping itu pula, kata Irvan, Wali Kota Risma juga memberi arahan kepada jajaran Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) beserta Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) supaya melakukan pengecekan setiap saluran. "Semua kali, avur, dan sungai dicek semua salurannya dan juga peralatan-peralatan yang ada diminta untuk dicek semua," papar Irvan.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO