Rabu, 28 Oktober 2020 21:57

​Pj. Bupati Trenggalek Buka Pelatihan Pencarian dan Pertolongan Korban Bencana

Senin, 28 September 2020 20:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
​Pj. Bupati Trenggalek Buka Pelatihan Pencarian dan Pertolongan Korban Bencana
Pj. Bupati Trenggalek, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si., saat membuka Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (First Aid) Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Senin (28/9/2020). (foto: ist).

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (First Aid) Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan dibuka secara resmi oleh Penjabat Sementara (Pj) Bupati Trenggalek, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si., di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Senin (28/9/2020).

Pj. Bupati Benny menyambut baik digelarnya pelatihan tersebut. Alasannya, kondisi geografis Kabupaten Trenggalek memiliki risiko kerawanan bencana alam yang cukup tinggi, baik longsor, banjir, hingga tsunami.

Ia berharap dengan digelarnya pelatihan itu sumber daya manusia yang ada di Trenggalek lebih memiliki kesiapan di saat terjadi bencana.

"Kesiapan kita semua, SDM yang siap untuk menangani bencana apa pun jenisnya, kita yakin akan mampu meminimalisir dampak dari itu semua," ujar Benny Sampirwanto yang juga Kadiskominfo Jatim itu.

"Harapan besar saya pelatihan tersebut dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir, dan pola tindak yang sama dalam memberikan pelayanan di bidang pencarian dan pertolongan," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Bina Tenaga dan Potensi Basarnas, A. Haris Achadi mengatakan, pengerahan pemberdayaan masyarakat Trenggalek sangat diperlukan, mengingat di Kabupaten Trenggalek risiko kerawanan bencana terbilang cukup tinggi.

Selain itu, Haris juga menyebut pelatihan potensi ini menjadi prioritas nasional dan di tahun ini ditargetkan ada 2.000 orang yang tergabung dalam pelatihan ini. Meski demikian ia mengutarakan terbatasnya jumlah personel menjadi salah satu alasan digelarnya pelatihan potensi tersebut.

"Harapannya masyarakat ini berdaya, memiliki sebuah keterampilan sesuai dengan wilayahnya," tukasnya.

Sekadar untuk diketahui, pelatihan yang digelar selama lima hari ke depan terhitung mulai 28 September hingga 2 Oktober 2020 yang digelar oleh Basarnas tersebut diikuti oleh 20 orang yang berasal dari potensi pencarian dan pertolongan Kantor SAR Surabaya.

Selama menjalani masa pelatihan, mereka akan diberi pengetahuan dan keterampilan teknis terkait substansi pencarian dan pertolongan, di antaranya keterampilan bantuan hidup dasar tentang jantung dan paru, maupun SOP penanganan patah tulang sampai luka bakar. (man/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...