​Serahkan Sembako & Alkes di Senduro, Khofifah: Kerukunan Beragama Benteng Utama Tangkal Covid-19

​Serahkan Sembako & Alkes di Senduro, Khofifah: Kerukunan Beragama Benteng Utama Tangkal Covid-19 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansa saat memberikan bantuan langsung kepada tokoh adat Senduro Lumajang, Ahad (27/9/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya memutus mata rantai Covid-19. Terutama dengan cara memberikan dukungan dan optimalisasi layanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Indar Parwansa menyerahkan bantuan secara langsung sejumlah alat kesehatan (alkes) berupa masker, hand sanitizer, dan sembako kepada Takmir Masjid Baitusalam dan Ketua Parisada Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten , di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Senduro, Minggu (27/9).

Kedatangan Gubernur di Pura tertua di Jawa ini disambut kompak dan antusias oleh tokoh (tomas) masyarakat, tokoh agama (toga), dan Senduro yang berada di jalur utama Gunung Semeru tersebut.

mengungkapkan, kerukunan beragama bisa menjadi benteng utama dalam menangkal penyebaran Covid-19 di Jatim, khususnya di Kabupaten . Para , toga, serta tomas inilah yang menjadi penguatan dan dukungan bagi pemerintah untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) yang ada.

"Jadi, kami harap para yang ada di Senduro ini, tidak henti-hentinya menyosialisasikan kepada masyarakat cara hidup sehat dengan disiplin, dan memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak aman, pakai masker dan hindari kerumunan," tandas .

Kehadiran orang nomor satu di Jatim ini merupakan bentuk persambungan kasih sekaligus memperkuat rasa persaudaraan yang harus sering dilaksanakan lewat berbagai suasana. Baik, secara tatap muka maupun lewat media lain seperti media sosial.

Menurut , rasa saling hormat menghormati dan kasih sayang dalam membangun kerukunan antar umat beragama seperti yang dilaksanakan masyarakat Senduro ini harus terus terjaga. Ia juga mengapresiasi format kerukunan yang diletakkan oleh masyarakat Senduro di mana komunitas Muslim dan saling menghormati satu dengan yang lain.

"Saya kagum, kerukunan dan penghormatan antar umat beragama di Senduro bisa terjaga dan hidup rukun berdampingan," ungkap .

"Mereka yang muslim menghormati yang hindu dan sebaliknya. Penghormatan tidak hanya dilakukan pada prosesi peribadatan saja, melainkan di segala sendi kehidupan sosial maupun ekonomi sehingga tata kehidupan harmoni tetap terjaga," lanjutnya.

Menurut , kerukunan masyarakat Senduro, jika terus dijaga dengan baik, akan menjadi episentrum penguatan keberagaman yang harmoni di negeri ini. Untuk itu, tidak salah ketika Kemenag Jatim memberikan penghargaan, atas kerukunan antar umat beragama di Senduro.

"Ini adalah episentrum perekat keberagaman di Indonesia. Jadi kehidupan yang penuh kerukunan, saling menghormati dan menyayangi. Rasa sayang dan hormat menghormati harus saling dijaga," terangnya.

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO