Rabu, 28 Oktober 2020 10:25

​Pemkab Pamekasan Siap Berpartisipasi Dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2020

Kamis, 24 September 2020 16:34 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yeyen
​Pemkab Pamekasan Siap Berpartisipasi Dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2020
Penampilan Sanggar Jhung-Rojhung dalam sebuah event. (foto: ist).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Pamekasan akan ikut berpartisipasi dalam acara Yogyakarta Gamelan Festival 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-26 September 2020.

Dalam Pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2020, Kabupaten Pamekasan akan diwakili oleh Sanggar Jhung-Rojhung dari Desa Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Sanggar Jhung-Rojhung sendiri pernah mengikuti event nasional meliputi 34 provinsi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Festival yang diadakan secara virtual karena dalam keadaan pandemi Covid-19 ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi dan berinteraksi bagi para pecinta gamelan dan membantu menguatkan potensi yang sudah dimiliki dalam berbagai bentuk kegiatan.

Sadinah, S.Pd., Kasi Budaya dan Kesenian Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pamekasan memastikan pihaknya ikut berpartisipasi untuk menyukseskan Yogyakarta Gamelan Festival 2020 walaupun masih dalam situasi pandemi virus corona.

"Sanggar Jhung-Rojhung yang merupakan sanggar musik daul yang sudah mempunyai prestasi yang akan berpartisipasi dalam festival tersebut," jelasnya, Kamis (24/9/2020).

Sadinah menambahkan, Sanggar Jhung-Rojhung yang pernah mengikuti event nasional akan mewakili Kabupaten Pamekasan untuk lebih mengenalkan musik daul dari Bumi Gerbang Salam yang sudah pernah tampil juga di beberapa negara tetangga itu kepada khalayak.

"Selain itu, kita juga ikut menyukseskan festival gamelan ke-25 tersebut dan sudah menjadi agenda tahunan di Kota Budaya Yogyakarta," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sanggar Jhung-Rojhung, Roni mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan bantuan pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui dinas pariwisata dan kebudayaan yang menunjuk Sanggar Jhung-Rojhung sebagai wakil dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2020.

"Walaupun secara virtual, kami akan menampilkan karya terbaik kami dalam event tersebut," ujarnya. (yen/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...