Pandemi Covid-19, Ziarah Nasional HUT TNI ke-75 di Makam Bung Karno tanpa Dihadiri Panglima TNI

Pandemi Covid-19, Ziarah Nasional HUT TNI ke-75 di Makam Bung Karno tanpa Dihadiri Panglima TNI Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah memberikan keterangan pada wartawan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ziarah nasional dalam rangka ke-75 digelar berbeda di Makam Presiden RI pertama, Ir Soekarno di Kota Blitar. Panglima TNI yang dalam beberapa tahun terakhir rutin datang, tidak hadir dalam agenda ziarah nasional ini karena pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Meski begitu, agenda ziarah nasional tetap berjalan dipimpin Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Rabu (23/9/2020) pagi.

Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah tiba di areal Makam Bung Karno sekitar pukul 07.30 WIB. Agenda ini dilaksanakan sangat terbatas untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Ini rangkaian kegiatan peringatan ke-75. Dalam ziarah nasional ini kita gunakan protokol kesehatan yang sangat ketat sehingga ini sangat terbatas," ujar Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah usai memanjatkan do'a di pusara Bung Karno.

Dia menjelaskan, meskipun di masa pandemi, TNI tetap memberikan penghormatan kepada Presiden Soekarno sebagai presiden pertama RI.

"Walaupun di masa pandemi, kita memberikan penghormatan kepada Presiden Soekarno. Ini tidak bisa lepas dari kegiatan memperingati ke-75 ini rutin, namun memang sedikit berbeda," imbuhnya.

Rombongan Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah tak lama berada di area Makam Bung Karno. Usai memanjatkan do'a, rombongan langsung meninggalkan lokasi.

Untuk diketahui, ziarah nasional ke makam presiden ini merupakan tradisi TNI yang telah dilakukan TNI sejak 2017 lalu. Tradisi ini digelar setiap menjelang pada 5 Oktober. Tradisi ini tetap dipertahankan untuk mengingatkan perjuangan pendahulu. (ina/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kendaraan Tempur TNI Berjejer di Lintas Merdeka Barat Jakarta Pusat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO