​Janji Cabup BHS, Akan Benahi Semua Pasar Tradisional, Jika Jadi Bupati Sidoarjo

​Janji Cabup BHS, Akan Benahi Semua Pasar Tradisional, Jika Jadi Bupati Sidoarjo Cabup Bambang Haryo Soekartono saat mengunjungi Pasar Wadung Asri, Waru, Sabtu (19/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pasar tradisional sebagai penggerak ekonomi kerakyatan menjadi perhatian paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020, Bambang Haryo Soekartono (BHS)-M Taufiqulbar (Taufiq).

Menurut BHS, pasar tradisional berkontribusi sekitar 60 persen pada perekonomian di Kota Delta. "Pasar tradisional ini tempat berkumpulnya ekonomi kerakyatan. Di sini mewadahi UMKM," cetusnya saat mengunjungi Pasar Wadung Asri Kecamatan Waru, Sabtu (19/9).

Kata BHS, jika misalnya pasar-pasar tradisional sebagai tempat ekonomi kerakyatan tersebut runtuh, maka (perekonomian) Sidoarjo bisa terancam bangkrut. "Maka pemerintah daerah wajib memperhatikan semua pasar di Sidoarjo," tegas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Agar pasar tradisional itu terus berkembang, BHS mengajak ibu-ibu di Sidoarjo, yang jumlahnya sekitar 52 persen dari 2,3 juta penduduk Sidoarjo, untuk mau berbelanja di pasar tradisional. Dia menyebut, bagi kaum ibu, belanja ke pasar tradisional tidak sekadar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Namun merasakan seni tawar-menawar.

BHS menegaskan, tidak sekadar mengajak kaum ibu agar memilih belanja di pasar tradisional, namun harus ada upaya mengubah stigma pasar tradisional yang kumuh, menjadi nyaman dan aman. Baik untuk pedagang maupun pembeli.

"Kalau saya diamanahi sebagai Bupati Sidoarjo, saya akan benahi semua pasar. Dan akan memberi prioritas pada pedagang lama. Jangan sampai kalau nanti dibenahi, pedagang diminta daftar ulang lagi," janji cabup yang diusung koalisi lima parpol dengan kursi berjumlah 18.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO