​Dinyatakan Penuhi Syarat Calon, Dua Bapaslon Siap Head to Head di Pilbup Blitar 2020

​Dinyatakan Penuhi Syarat Calon, Dua Bapaslon Siap Head to Head di Pilbup Blitar 2020 Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Nikmatus Sholihah. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dua bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Blitar siap bertarung secara head to head dalam Pemilihan Bupati Blitar 2020 pada 9 Desember mendatang. Hal ini setelah kedua bapaslon dinyatakan telah memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Nikmatus Sholihah mengatakan, persyaratan pendaftaran bapaslon ada dua, yakni persyaratan calon dan persyaratan pencalonan. Persyaratan pencalonan dilengkapi saat pendaftaran ke KPU, sementara syarat calon bisa dilengkapi atau diperbaiki jika ada kekurangan sesuai batas waktu yang ditentukan KPU 14-16 September 2020.

"Masa perbaikan 14-16 September 2020. Alhamdulillah semua sudah dipenuhi, semua memenuhi syarat per tanggal 15 September 2020 lalu. Hasil perbaikan ini, juga telah diplenokan pada 16 September 2020," ujar Nikmatus Sholihah, Jumat (18/9/2020).

Sebelumnya, ada berkas calon yang membutuhkan perbaikan dari kedua bapaslon. Di kubu petahana, yakni Bapaslon Rijanto-Marhaenis, syarat calon wakil bupati Marhaenis Urip Widodo memiliki perbedaan nama lengkap di ijazahnya.

Di ijazah tertulis nama lengkap politikus PDIP itu Henis Urip Widodo. Sedangkan pada saat mendaftar tertulis Marhaenis Urip Widodo. Namun setelah diklarifikasi, nama Marhaenis Urip Widodo ternyata sudah sah dan ada keputusan pengadilan.

(POLLING PILKADA KABUPATEN BLITAR: Ayo Vote Cabup-Cawabup Pilihanmu)

Sementara di kubu pasangan Mak Rini-Makdhe Santoso, juga ada perbedaan nama di ijazah untuk nama bakal calon wakil bupati Rahmat Santoso. Ketika mendaftar ke KPU nama yang didaftarkan adalah H. Rahmat Santoso, padahal di ijazah hanya Rahmat Santoso. Setelah diklarifikasi, H itu ternyata gelar haji, bukan singkatan nama.

"Untuk tahapan selanjutnya, pada 23 September 2020 akan dilakukan penetapan pasangan calon. Keesokan harinya langsung dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon," pungkasnya.

Sekadar untuk diketahui, bapaslon petahana Rijanto-Marhaenis diusung PDIP, Demokrat, Nasdem, Golkar, Gerindra, dan PPP. Sedangkan Mak Rini-Pakdhe Rahmat diusung PKB, PAN, dan PKS. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO