Rabu, 28 Oktober 2020 09:36

Menristek/BRIN Launching Robot KECE Generasi-2 Karya Mahasiswa Unesa

Kamis, 17 September 2020 22:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Menristek/BRIN Launching Robot KECE Generasi-2 Karya Mahasiswa Unesa
Menteri Riset Teknologi/BRIN Republik Indonesia, Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D me-launching Robot KECE Generasi-2 karya mahasiswa Unesa secara daring. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) hari ini, Kamis 17 September 2020, melakukan beberapa terobosan teknologi luar biasa. Kegiatan yang dibingkai dengan istilah Rumah Inovasi Unesa itu me-launching beberapa produk andalannya. Hadir melalui layanan virtual, Menteri Riset Teknologi/BRIN Republik Indonesia, Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D.

Dalam sambutannya, Menristek/BRIN menyampaikan apresiasi atas prestasi Unesa selama ini dalam bidang inovasi. Terlebih naiknya peringkat Unesa ke-19 pada klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan Kemendikbud tahun 2020.

Pada kesempatan kali ini juga di-launching beberapa produk inovasi yang telah dilakukan. Pertama, Grand Launching Robot KECE Generasi-2 (Kreatif, Energik, Cakap, dan Elegan) yang merupakan pengembangan dari Robot KECE sebelumnya yang telah diberikan kepada Gubernur Jawa Timur untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Jalan Indrapura Surabaya. Robot KECE G2 ini dilengkapi dengan berbagai fitur yag menarik dan teknologi yang canggih.

Dalam sambutannya, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. menjelaskan bahwa robot generasi kedua ini selain dapat berfungsi untuk mengantar alat medis, makanan, serta melakukan sterilisasi ruangan pasien Covid-19, robot KECE G-2 itu dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi suhu tubuh dan detak jantung pasien Covid-19, dan juga bisa memutar musik untuk terapi pasien.

Selain itu, juga dilengkapi alat yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung pasien Covid-19. Hasil pemeriksaan dapat diketahui realtime bagi pasien yang menggunakan alat tersebut. Rektor Unesa juga menyampaikan saat ini pihaknya masih menyiapkan Robot KECE Generasi 3 yang bisa masuk ke kamar pasien Covid-19 sesuai instruksi yang diberikan.

Pada acara Grand Launching Robot KECE G2 ini, juga di-launching Drone KECE. Drone KECE juga dipersembakan Unesa untuk Indonesia. Drone KECE yang dapat menyemprotkan disinfektan ini sangat berguna di masa pandemi seperti sekarang ini. Drone KECE berkapasitas 16 liter dan dapat menjangkau seluas 1 ha.

Ada juga beberapa produk unggulan inovasi lainnya. Di antaranya produk KECE Body Temp Check Generasi 1. Pintu pengecekan suhu tubuh ini dapat diketahui langsung hasilnya. Selain itu juga ada prototipe Motor Listrik KECE dengan spesifikasi yang sudah canggih. Selain prototipe Motor Listrik KECE, juga prototipe Mobil Listrik KECE yang dapat melaju pada kecepatan 65 km/jam dan dapat bertahan selama 10 jam.

Ada juga knalpot sepeda motor ramah lingkungan, filter udara mobil tipe siklon, batik tanah, Handsanitez dengan nano silver, Signalom (sistem bahasa isyarat yang mudah diikuti oleh anak berkebutuhan khusus), dan aplikasi permainan bola voli berbasis android. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...