Kamis, 25 Februari 2021 06:02

Menristek/BRIN Launching Robot KECE Generasi-2 Karya Mahasiswa Unesa

Kamis, 17 September 2020 22:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Menristek/BRIN Launching Robot KECE Generasi-2 Karya Mahasiswa Unesa
Menteri Riset Teknologi/BRIN Republik Indonesia, Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D me-launching Robot KECE Generasi-2 karya mahasiswa Unesa secara daring. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) hari ini, Kamis 17 September 2020, melakukan beberapa terobosan teknologi luar biasa. Kegiatan yang dibingkai dengan istilah Rumah Inovasi Unesa itu me-launching beberapa produk andalannya. Hadir melalui layanan virtual, Menteri Riset Teknologi/BRIN Republik Indonesia, Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D.

Dalam sambutannya, Menristek/BRIN menyampaikan apresiasi atas prestasi Unesa selama ini dalam bidang inovasi. Terlebih naiknya peringkat Unesa ke-19 pada klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan Kemendikbud tahun 2020.

Pada kesempatan kali ini juga di-launching beberapa produk inovasi yang telah dilakukan. Pertama, Grand Launching Robot KECE Generasi-2 (Kreatif, Energik, Cakap, dan Elegan) yang merupakan pengembangan dari Robot KECE sebelumnya yang telah diberikan kepada Gubernur Jawa Timur untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Jalan Indrapura Surabaya. Robot KECE G2 ini dilengkapi dengan berbagai fitur yag menarik dan teknologi yang canggih.

Dalam sambutannya, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. menjelaskan bahwa robot generasi kedua ini selain dapat berfungsi untuk mengantar alat medis, makanan, serta melakukan sterilisasi ruangan pasien Covid-19, robot KECE G-2 itu dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi suhu tubuh dan detak jantung pasien Covid-19, dan juga bisa memutar musik untuk terapi pasien.

Selain itu, juga dilengkapi alat yang dapat mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung pasien Covid-19. Hasil pemeriksaan dapat diketahui realtime bagi pasien yang menggunakan alat tersebut. Rektor Unesa juga menyampaikan saat ini pihaknya masih menyiapkan Robot KECE Generasi 3 yang bisa masuk ke kamar pasien Covid-19 sesuai instruksi yang diberikan.

Pada acara Grand Launching Robot KECE G2 ini, juga di-launching Drone KECE. Drone KECE juga dipersembakan Unesa untuk Indonesia. Drone KECE yang dapat menyemprotkan disinfektan ini sangat berguna di masa pandemi seperti sekarang ini. Drone KECE berkapasitas 16 liter dan dapat menjangkau seluas 1 ha.

Ada juga beberapa produk unggulan inovasi lainnya. Di antaranya produk KECE Body Temp Check Generasi 1. Pintu pengecekan suhu tubuh ini dapat diketahui langsung hasilnya. Selain itu juga ada prototipe Motor Listrik KECE dengan spesifikasi yang sudah canggih. Selain prototipe Motor Listrik KECE, juga prototipe Mobil Listrik KECE yang dapat melaju pada kecepatan 65 km/jam dan dapat bertahan selama 10 jam.

Ada juga knalpot sepeda motor ramah lingkungan, filter udara mobil tipe siklon, batik tanah, Handsanitez dengan nano silver, Signalom (sistem bahasa isyarat yang mudah diikuti oleh anak berkebutuhan khusus), dan aplikasi permainan bola voli berbasis android. (mdr/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Rabu, 24 Februari 2021 07:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Wartawan kondang Dahlan Iskan luar biasa. Tulisanya sangat bernas. Bukan saja enak dibaca tapi juga penuh makna dan kaya warna.Baca saja tulisannya kali ini. Ia bercerita tentang listrik yang mati empat hari. Dampakn...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...