​Anggaran Minim, KPU Ngawi Sosialisasikan Tahapan Pilkada Pakai Bende

​Anggaran Minim, KPU Ngawi Sosialisasikan Tahapan Pilkada Pakai Bende Kantor KPU Ngawi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Tugas berat harus dilakukan oleh KPU Ngawi, khususnya Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih terkait dengan kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

Dari Rp 39 miliar dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang yang diterima KPU Ngawi, ternyata hanya Rp 1,2 miliar untuk pos anggaran dari Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih. Dengan minimnya pos anggaran tersebut, Divisi Sosialisasi harus memutar strategi untuk dapat menggelar pelaksanaan pilkada dengan sukses.

Rencananya, Divisi Sosialisasi akan memanfaatkan bende sebagai sarana mempublikasikan dan menyosialisasikan tahapan-tahapan pilkada. Hal tersebut masih dianggap relevan dan efektif untuk melaksanakan sosialisasi di saat pandemi berlangsung.

"Jadi, dengan anggaran yang ada, kita harus memanfaatkan sarana dengan efisien dan efektif, yaitu dengan bende oleh PPS yang ada," jelas Sudarsono, Komisioner Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Ngawi kepada BANGSAONLINE.com.

Sudarsono menilai, melakukan pengumuman secara keliling lebih efektif dibandingkan dengan pengumpulan masa. Sedangkan jika memakai media massa, biayanya besar dan tidak dapat mencakup ke seluruh wilayah di Kabupaten Ngawi.

"Dengan keadaan pandemi dan anggaran yang minim, kita harus dapat mensukseskan pilkada dengan calon tunggal ini. Ini merupakan tugas berat," terangnya.

Diharapkan dari peran media dalam partisipasinya menyukseskan Pilkada 2020 sangat dibutuhkan. Untuk hal tersebut dari KPU Ngawi akan lebih sering menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk menerima masukan dari awak media.

"Mungkin kita akan sering menggelar FGD untuk menerima masukan dari teman-teman media," pungkas Edi Sukamto, Sekretaris KPU Ngawi. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO